Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pasca-Mudik

Yuk, Segarkan Kembali Interior Mobil Anda!

Kompas.com - 24/08/2012, 17:06 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Selain mesin dan kaki-kaki, kabin juga perlu disegarkan kembali. Dipastikan banyak kotoran dan remah-remah makanan jatuh ke lantai dan bagian jok yang tersembunyi. Bahkan, karena sering makan dan minum di dalam mobil, interior jadi berbau tidak sedap. Bisa saja ada minuman yang tumpah ke jok.

Untuk membersihkan ruang kabin dan menghilangkan bau, Handoyo dari bengkel cuci dan poles Dinar Sutan Batawi (DSB) di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, memberi tips praktisnya.

Bersihkan kotoran
Keluarkan karpet-karpet pelapis dan buang sampah berukuran agak besar lebih dahulu. Untuk mengusir kotoran kecil atau remah-remah, gunakan kuas atau sikat pakaian. Untuk yang berada di celah-celah, gunakan alat penyedot (vacuum cleaner).

Mehilangkan bau
"Kalau mau lebih tuntas lagi, untuk menghilangkan bau yang mengendap, lepas jok dan jemur di panas matahari sambil sesekali dikibas-kibas untuk menghilangkan debu," papar Handoyo.  

Untuk bekas tumpahan di karpet dasar dan menempel di lantai, gunakan bedak. Taburkan bedak di tempat yang kena tumpahan dan tunggu hingga 2 jam. Setelah itu, bersihkan. Caranya bisa menggunakan sikat atau penyedot debu.

Jangan lupa membersihkan karpet sebelum dipasang kembali. Untuk mendapat aroma wangi, semprotkan pengharum ruangan atau pasang pewangi kabin. Lebih optimal lagi, nyalakan mobil dan aktifkan AC sekitar setengah jam.

Jika tidak ingin repot. Anda bisa menyambangi bengkel cuci dan poles untuk menuntaskan masalah tersebut. Biayanya, mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 1 juta dengan waktu kerja 3 jam lebih!.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com