Selasa, 23 September 2014

Otomotif


NHTSA Investigasi Toyota, Honda dan GM

Penulis: Aris F.Harvenda | Sabtu, 09 Juni 2012 | 16:10 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : autoblog | Author : -

Toyota Rav4

Califronia, KompasOtomotif - Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) di Amerika Serikat tengah melakukan investigasi terhadap salah satu model dari tiga merek, masing-masing Toyota, Honda, dan GM, seperti yang diberitakan Detroit News kemarin (8/6).

Untuk Toyota yang diselidiki modelĀ  Rav4 produksi 2006-2008 teridentifikasi ada kerusakan pada tie-rod sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi, sesuai aduan yang diterima NHTSA, saat mobil melesat 35 kpj, pengendalian mobil kurang normal. Disimpulkan, bahwa tie-rod tidak dapat berfungsi dengan baik untuk menjaga posisi ban, baik toe dan chamber-nya. "Kami mendukung penuh dan bekerjasama dengan NHTSA atas investigasi yang dilakukan," ujar Brian Lyons, juru bicara Toyota pada Detroit News.

NHTSA juga menerima komplain dari 35 pengguna Honda Pilot yang menyebutkan adanya kerusakan pada sistem kontrol stabilitasnya. Mobil secara tiba-tiba langsung melambat atau bahkan berhenti. Seharusnya, sistem mampu menstabilkan gejala tersebut. Atas pengaduan tersebut NHTSA langsung mengkaji petisi keluhan tersebut dan melakukan investigasi penuh terhadap Pilot.

Di lain pihak, GM juga menerima kasus serupa yang terjadi pada Saturnus Outlook dan GMC Acadia produk 2007-2009. Kali ini ada kerusakan pada lampu kota yang tidak menyala yang disebabkan kabel kepanasan dan meleleh. NHTSA menyampaikan ada 415 pengguna yang mengeluh. Juru bicara pihak GM langsung menaggapi kondisi ini dan menggelar program perbaikan massal yang dijadwalkan akan dimulai Desember mendatang.

Sumber: Detroit News, Autoblog

Editor : Bastian