Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Punya Mini MPV dari Brio

Kompas.com - 26/04/2012, 16:30 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Pertengahan Maret lalu, Honda Indonesia menginformasikan bahwa mereka sudah menyiapkan produk baru mini MPV (multi purpose vehicle=MPV) 7-penumpang untuk mengejar volume penjualan. Produk itu akan dikembangan menggunakan platform Brio, mobil kompak, sama seperti yang dilakukan Suzuki Ertiga diciptakan dari platform Swift.

"Saat ini tim dari Honda Motor Company lagi di Indonesia untuk melakukan penelitian mendalam untuk produk ini. MPV ini diciptakan khusus untuk Indonesia," komentar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) di Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Dijelaskan, saat ini Honda baru memanfaatkan 40 persen kandungan lokal dari industri komponen Indonesia. Untuk MPV baru ini, komposisinya akan ditingkatkan. "Bahkan untuk persetujuan pemilihan komponen nanti langsung di Indonesia, karena pihak prinsipal menyiapkan perwakilannya di sini (Indonesia)," beber Jonfis.

Seperti diketahui, Honda sudah memastikan komitmen investasi Rp3,1 triliun untuk membangun pabrik baru di Karawang, Jawa Barat, sehingga total produksi di Indonesia naik dari 60.000 unit menjadi 180.000 unit per tahun. Pabrik ditargetkan mulai beroperasi awal 2014  dan memproduksi dua model baru Brio dan MPV (dari Brio).

"Dengan masuk ke segmen low (Brio dan MPV Biro), Honda berharap bisa mendongkrak volume penjualan," tutup Jonfis.

Besarnya ceruk pasar MPV low di Indonesia makin menarik prinsipal lain untuk ikut memeriahkan segmen ini. Setelah Suzuki resmi meluncurkan Ertiga pekan lalu, Honda menyiapkan Brio MPV dan Chevrolet juga sudah punya PM7. Semuanya berniat mematahkan dominasi duet maut Avanza-Xenia yang masih tercatat sebagai produk terlaris di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com