Model Pertama Datsun Tampil di Delhi Auto Show 2014 - Kompas.com

Model Pertama Datsun Tampil di Delhi Auto Show 2014

Kompas.com - 23/04/2012, 11:20 WIB
Datsun 240z, salah satu mobil yang digemari kolektor mobil retro.

Delhi, KompasOtomotif - Keseriusan Nisaan Motor Corp. (NMC) menghidupkan Datsun akan dibuktikan dalam debut perdanya di awal 2014. Dari tiga negara yang dibidik, India, Rusia dan Indonesia untuk garap pasar domestiknya, NMC memilih India yang akan memanfaatkan event Delhi Auto Show untuk memperkanalkan produknya.

Datsun yang dipersiapkan menyasar segmen A (mobil ultra murah) dengan banderol 2-4 lakh (Rp 35,3 - Rp 70,6 juta) dan siap menyaingi pemimpin pasar seperti Maruti Suzuki Alto dan Hyundai Eon. Produksi awal menggunakan fasilitas pabrik  di Oragadam, dekat Chennai tapi Nissan juga punya alternatif lain untuk membangun pabrik baru khusus untuk produksi Datsun.

Pengembangan model perdana di negeri sari hasil kolaborasi tim R&D Jepang dan India dengan pembagian tugas yang jelas. Tuan rumah menggarap beberapa komponen untuk interior dan eksterior, sedang Jepang mengembangkan platform. Kabarnya, kedua tim juga mengembangkan mesin diesel kecil untuk Datsun.

Model pertama Datsun diharapkan mulai dipasarkan paruh kedua 2014. Termasuk juga yang mesin diesel agar bisa menyumbang 50 persen dari total penjualan Nissan di India.

Kalau di Indonesia, Datsun tampaknya akan mejeng di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Tapi, karena biasanya IIMS dihelat semester kedua setiap tahun, Nissan Motor Indonesia kemungkinan lebih memilih meluncurkan dulu di awal tahun dan mulai memasarkannya setelah Juni 2014.

 

EditorAris F Harvenda
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM