Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Civic 2012 Raih 5 Bintang Euro NCAP

Kompas.com - 24/02/2012, 10:00 WIB

Brussels, KompasOtomotif - Honda Civic 2012 berhasil meraih rating tertinggi bintang lima untuk sistem keselamatan dari lembaga independen Program Penilaian Kinerja Keselamatan Mobil Baru Eropa (Euro New Car Assessment Programme's= Euro NCAP) yang disampai melalui rilisnya, Rabu (22/2). Keberhasilan ini  memperpanjang koleksi penghargaan Honda atas teknologi Collision Mitigation Braking System (CMBS) yang dilikinya.

Pengujian mencakup perlindungan terhadap pengendara, penumpang ataupun pejalan kaki. Nah, pada ketiga unsur itu Civic mengantongi nilai tertinggi, masing-masing  94 % perlindungan untuk dewasa, 83 % pada anak-anak,  69 % buat pejalan kaki dan 86 % standar keselamatan. Raihan angka tersebut mengalahkan Jeep Compass yang meraih dua bintang dengan 61 % perlindungan penumpang dewasa, 76 % anak-anak, 23 % pejalan kaki dan 43 % standar keselamatan.

Teknologi CMBS Honda diakui sebagai salah satu inovasi keselamatan terbaik yang ada. CMBS adalah teknologi radar darurat terintegrasi dengan sistem pengereman yang dikembangkan untuk membantu menghidari tabrakan bergerak ke arah yang sama atau stasioner (tetap). Sistem ini akan mengingatkan pengemudi ketika akan datang tabrakan dalam kecepatan tinggi atau kecepatan rendah.

Dengan angka kecelakaan di Jerman dan Eropa sekitar 200.000 sampai 250.000 tahun lalu, diharapkan teknologi CMBS ini dapat menekan angka tersebut. Bercermin dari hasil pengujian Euro NCAP, fasilitas uji tabrakan Honda di Tochigi, Jepang berkomitmen untuk terus melakukan pengujian terhadap Civic baru dengan variasi berat dan ukuran yang berbeda-beda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com