Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Infrastruktur

Jusuf Kalla Dukung Pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda

Kompas.com - 17/02/2012, 21:09 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Pengusaha yang juga mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan setuju dengan pembangunan tol Balikpapan-Samarinda karena tol akan bermanfaat menggerakkan perekonomian. Tol sepanjang 99 kilometer tersebut sudah mulai dibangun dan direncanakan selesai tahun 2013.

"Pada prinsipnya tol adalah jalan yang baik. Di sini, pertumbuhan ekonominya, kan, cukup kuat," ujar Kalla, seusai memberi sambutan dalam Rembuk Nasional Transformasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Menuju Ketahanan Ekonomi Nasional, di Hotel New Benakutai, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (17/2/2012).

Menurut Kalla, dari sisi transportasi, yang diperlukan manusia adalah tol yang bisa mempercepat dan baik kondisinya.

Tol sepanjang 99 kilometer itu nanti akan membelah dua kawasan konservasi, yakni Taman Hutan Rakyat Bukit Soeharto (24 km) dan Hutan Lindung Sungai Manggar (8 km). Aktivis lingkungan sudah menyuarakan protes terhadap pembangunan tol yang dinilai mengancam kelestarian kawasan konservasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com