Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siapkan "Adik" CR-V

Kompas.com - 16/12/2011, 09:26 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Honda Motor Company dikabarkan tengah menyiapkan produk baru sport utility vehicle (SUV) kompak yang diposisikan bakal mengisi segmen di bawah CR-V. Rencana ini tersirat dari ucapan Bos Besar Honda, Takanobu Ito yang secara jelas-jelas mengaku iri terhadap kesuksesan Nissan Qashqai di Eropa.

"Kami tengah memikirkan rencana yang sama seperti itu (rival Nissan Qashqai)," ujar Ito seperti dilansir autoblog. Sayang, orang nomor satu di Honda ini masih menutup rapat-rapat informasi lanjutannya, apalagi terkait waktu pengerjaan. Tapi, dari pernyataan Ito bisa disimpulkan bahwa produk baru yang disiapkan Honda menyasar ke kelas Qashqai (SUV kompak) yang di pasar Eropa pangsa pasarnya melonjak sampai 16 persen.

Rencana ini juga sejalan dengan program Honda memproduksi mesin diesel baru berkapasitas 1.6 liter bertenaga 120 PS. Honda bahkan mengatakan mesin ini ringan, hanya 180 kg, sangat irit bahan bakar dan ramah lingkungan dengan emisi gas buang (karbondioksida) 100 gram per km.

Kalau mesin ini digunakan, maka SUV kompak Honda itu akan bersaing langsung dengan Renault Duster dan Ford Ecosport yang siap diluncurkan ke pasar. Produksi mesin baru Honda dilakukan di pabrik Swindon, Inggris. Sesuai targetnya, kalau jadi produk ini bakal dilepas pertama di Eropa, baru kemudian negara lain.

Apa Indonesia bakal termasuk salah satunya?!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com