SBY Minta Toyota Kembangkan Industri Otomotif - Kompas.com

SBY Minta Toyota Kembangkan Industri Otomotif

Kompas.com - 13/09/2011, 17:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ketika menerima CEO & President Director Toyota Motor Corp (TMC) Akio Toyoda dan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Dharmawan Danusasmita di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (13/9/2011), menyampaikan harapannya agar Toyota dapat mengembangkan industri otomotif di Indonesia. Industri otomotif yang terus berkembang dengan sendirinya akan menciptakan permintaan atas produk otomotif.

"Dengan demikian, perekonomian Indonesia semakin maju. Jadi, Toyota diharapkan berkontribusi bagi perkembangan otomotif di Indonesia," kata Juru Bicara Presiden kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (13/9/2011).

Seperti diberitakan, Toyota akan melakukan ekspansi sarana produksi dengan investasi senilai 385 juta dolar AS atau sekitar 30 miliar yen. Investasi tersebut akan meningkatkan kapasitas produksi toyota dari semula 110.000 mobil per tahun menjadi 200.000 mobil per tahun dengan menyerap sekitar 7.000 tenaga kerja. Selain itu, Toyota juga akan memperluas jaringan distribusi untuk memperkuat penguasaan pasar.

Untuk itu, investasi pada jaringan distribusi direncanakan sebesar Rp2,9 triliun. Investasi yang diperkirakan juga akan menyerap 7.000 tenaga kerja digunakan untuk memperluas pembangunan pabrik ini juga akan meningkatkan permintaan dari suplier. Peningkatan terhadap suplier tersebut diperkirakan akan mampu menyerap 1.000 tenaga kerja.

EditorZulkifli BJ
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM