Kamis, 24 April 2014

Otomotif


Toyota Luncurkan Hilux Turbo VNT Diesel 2.5L

Penulis: Agung Kurniawan | Rabu, 13 Juli 2011 | 16:14 WIB
|
Share:
Sumber : - | Author : KOMPAS.COM/AGUNG KURNIAWAN

Johnny Darmawan (kanan) dan Joko Trisanyoto (kiri) bersama Hilux baru

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya meluncurkan New Hilux di Menteng, Jakarta Pusat, hari ini (13/7). Selain mengalami penyegaran desain, pikap andalan Toyota ini juga dibekali mesin baru. Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM mengatakan, kehadiran New Hilux menjadi jawaban permintaan pasar khususnya di segmen komersil.

Perubahan tampilan dilakukan pada gril dan lampu depan model baru. Kap mesin yang lebih simetris dengan saluran udara (airscoop) tepat di tengah-tengah. Ubahan lain termasuk adalah fender roda depan, desain roda, kaca spion dengan sein dan lampu belakang.

Khusus interior, hanya setir yang berubah. Kini dilengkapi dengan tombol untuk pengatur audio."Ini pertama setir di kelas pikap dilengkapi dengan tombol," jelas Johnny Darmawan.

Perubahan menonjol justru dilakukan pada mesin diesel. Kalau sebelumnya menggunakan mesin 3.0 liter diesel, kini diganti menjadi 2.5 Common Rail VN Turbo Intercooler (VTN). Mesin ini juga digunakan untuk varian kabin tunggal. Sedangkan untuk kabin ganda tetap menggunakan mesin diesel yang baru.

"Memang kapasitas mesin kami turunkan dan berpengaruh pada penuruan tenaga jadi 144 PS dari sebelumnya 163 PS. Torsi tetap sama 35 kg-m dan tetap kompetitif karena masih ada di atas kompetitor," jelas Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM di sela peluncuran, hari ini. Joko melanjutkan, dari hasil pengujian TAM, tingkat konsumsi bahan bakar lebih baik menjadi 15,31 km per liter, lebih irit 16 persen dari model sebelumnya 11, 84 km perliter.

Jika dirangkum, Toyota memasarkan New Hilux dalam lima model, tiga kabin tunggal dan dua kabin ganda. Semua model dibandrol mulai Rp141,5 juta-Rp156,2 juta untuk kabin tunggal dan Rp309,5 juta-Rp328,2 juta (on the road Jakarta).


Editor : Bastian