Rabu, 30 Juli 2014

Otomotif


Kia All-New Picanto Dilego Rp 125 Juta

Penulis: | Senin, 04 Juli 2011 | 18:53 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : KOMPAS.com/Zulkifli BJ

    All-New Picanto tampil lebih dinamis, gaya dan sporty

  • Sumber : - | Author : KOMPAS IMAGES/Roderick Adrian Mozes

    Desain lampu, gril dan bumper depan (kiri) dan lampu belakang All-New Picanto

  • Sumber : - | Author : Kia Mobil Indonesia

    Kabin All-New Picanto

  • Sumber : - | Author : Kia Mobil Indonesia

    Interior, desain dan warna jok All-New Picanto

JAKARTA, KOMPAS.com — Perang di segmen sub-kompak atau city car semakin seru. Pasalnya, Kia meluncurkan All-New Picanto hari ini. Bahkan esok lusa, muncul lagi produk di segmen yang sama, juga total baru, yaitu Daihatsu All-New Sirion. 

Saat ini, di segmen mobil kota, bertarung merek seperti Chery QQ, Chevrolet Spark, Geely Panda, Hyundai i10, Kia Picanto mesin 1,1 liter, Nissan March, Proton Savvy, Suzuki Karimun, dan Suzuki Splash. Pada Januari-Mei 2011, penjualan ritel pada segmen ini sudah mencapai 11.912 unit atau 3,4 persen (348.939 unit) dari total penjualan kendaraan di Indonesia, atau 4,9 persen bila dibandingkan kendaraan penumpang yang berjumlah 239.833 unit.

Dua varian
Kia All-New Picanto atau Picanto generasi ke-2 dipasarkan dalam dua varian di Indonesia. Pertama, dengan transmisi manual 5-percepatan dan dijual Rp 125 juta (on the road, di Jakarta). Harga tersebut naik sekitar Rp 8 juta dibandingkan generasi-1 yang menggunakan mesin 1,1 liter. Kedua, All-New Picanto bertransmisi otomatik, 4-percepatan, yang dilepas seharga Rp 139 juta (juga on the road).

All-New Picanto menggunakan mesin dengan kapasitas lebih besar dari sebelumnya, yaitu 1.248 cc. Mesin itu menghasilkan tenaga 87 PS @6.000 rpm dengan torsi 12,3 kg-m @4.000 rpm.

Dari segi penampilan, All-New Picanto lebih dinamis dan sporty dibandingkan versi sebelumnya. Untuk teknologi, perubahan lain yang dilakukan ada pada power steering yang kini digerakkan oleh motor listrik (versi lama hidraulik) yang disebut Motor Drive Power Steering (MDPS).

Dari dimensi, All-New Picanto 60 mm lebih panjang dari versi sebelumnya. Adapun jarak  kedua sumbu roda bertambah 15 mm. Mobil ini memiliki panjang 3.596 mm, lebar 1.595 mm, tinggi 1.480 mm, dan jarak sumbu roda 2.385 mm.

Untuk konsumsi bahan bakar, Kia mengklaim bahwa All-New Picanto menghabiskan 1 liter bensin untuk jarak 23,3 km di luar kota dan 14,9 km per liter di dalam kota. Penjualan All-New Picanto baru dilakukan 7 Juli mendatang.

"Kami baru buka order 7 Juli mendatang saat peluncuran resmi di Gandaria City, Jakarta.  Pada saat itu, pemesan bisa memperoleh unit dengan cepat. Nantinya tergantung kondisi. Namun, paling lama satu bulan," ucap Hartanto Sukmono, Direktur Penjualan PT Kia Mobil Indonesia, tentang inden. 

Karena sudah dirakit di Indonesia, Hartanto, tak khawatir dengan pasokan. Oleh karena itu pula, Kia Mobil Indonesia memasang target dan berharap bisa menjual All-New Picanto 4.000 unit sampai akhir tahun ini. Ditambahkan, daya saing All-New Picanto dibandingkan kompetitor merek lain ada pada harga yang kompetitif. Sementara itu, untuk memastikan kualitas produknya, Kia memberi garansi 5 tahun atau jarak tempuh 150.000 km.

Ditambahkan pula bahwa masuknya model terbaru dari produk global Kia ini ke Indonesia terhitung cepat. "Peluncuran pertama di Geneve Motor Show awal Maret lalu, kini sudah dipasarkan di Indonesia. Di ASEAN, Indonesia merupakan negara pertama yang memasarkan All-New Picanto," tambah Hartanto.


Editor : Zulkifli BJ