Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo Kembangkan Sistem Pengisian Baterai Tanpa Kabel

Kompas.com - 24/05/2011, 16:02 WIB

GÖTEBORG, KOMPAS.com –  Sistem pengisian baterai tanpa kabel atau nirkabel (wireless), bisa juga tanpa colokan atau stekker untuk mobil listrik dan hibrida plug-in, makin diminati produsen mobil dunia. Kalau sebelumnya, Toyota sudah memproklamirkan bekerja sama dengan WiTricity (AS) untuk mengembangkan sistem pengisian nirkabel, kini giliran Volvo bekerjasama dengan perusahaan Belgia.

Cara ini dianggap lebih nyaman dan menyenangkan. Karena pemilik mobil tak repot menggulung kabel usai mengisi atau manarik ketika akan mencolokkan ke stop kontak. Versi terbaru – sebenarnya masih dalam tahap pengembangan -  mobil yang akan diisi baterainya diparkir di atas pelat pengisi (charging plate) yang tersembunyi di bawah lantai atau permukaan jalan.

Pengisian nirkabel yang dikembangkan Volvo –melalui kerjasama dengan Flander Drive dari Belgia –  adalah sistem induksi. Dengan sistem ini, energi listrik dipindahkan dari sumber pengisi ke mobil tanpa menggunakan kabel. Dengan cara ini pula, terjadi perubahan atau modifikasi pada sistem pengisian yang berada di mobil.

“Target utama harus menyenangkan pemilik mobil listrik,” jelas Johan Konnberg, manajer proyek dari Divisi Kendaraan Khusus Volvo Car Corporation. Pada proyek ini  Volvo menggunakan C30 listrik yang harus dimofikasi dulu sistem pengisiannya.  

Cara Kerja Pengisian induktif, pelat pengisi ditanam di bawah tanah, misalnya  di bawah permukaan jalan  ke rumah atau di garasi. Pelat pengisi terdiri dari koil yang membangkitkan medan magnetik bila dialiri oleh arus listrik.

Nah, ketika mobil diparkir di atasnya, energi dari pelat dipindahkan ke tanpa kontak fisik ke koil “penarik” induksi pada mobil. Arus dipindahkan dalam bentuk arus bolak-balik (AC).

Selanjutnya pada mobil, arus listrik diubah menjadi arus searah (DC) melalui konverter untuk mengisi baterai. Khusus pada Volvo C30 Listrik, kapasitas baterainya mencapai 24 kWh, membutuhkan waktu sekitar 1 jam satu jam 20 menit untuk pengisian penuh.

Ditambahkan, Volvo akan mengirimkan 250 mobil listrik kepada pelanggan terpilih mereka di Eropa pada semester kedua tahun ini. Ini merupakan langkah untuk mengakselerasi masyarakat menggunakan memilih mobil listrik!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com