Kamis, 24 April 2014

Otomotif


Rush vs Terios: Sosok Sama Target Beda!

Penulis: Zulkifli BJ | Minggu, 17 Oktober 2010 | 09:36 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : KOMPAS.com/Zulkifli BJ

    SUV kembar, Toyota Rush dan Daihatsu Terios terbaru

  • Sumber : - | Author : Toyota Astra Motor

    Rush menonjolkan ruang belakang untuk barang bawaan, termasuk perlengkapan permainan di alam (kiri). Seluruh Rush, setir dilengkapi dengan tombol kontrol audio

  • Sumber : - | Author : Astra Daihatsu Motor

    Terios menonjolkan, ruang belakang buat penumpang atau sebagai SUV 7-penumpang

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Rush dan Daihatsu Terios adalah saudara kembar identik. Lahir dari satu “rahim” dengan sosok dan postur wajah yang sama. Kalau pun ada perbedaan, terutama dari penampilan (eksterior), adalah logo, desain rumah lampu kabut dengan ornamennya, motif pelek  dan ukuran ban. Rush punya tambahan  kaca spion kecil di kap mesin sisi kiri. 

Di kabin, sebenarnya ada konsep mendasarkan yang membedakan target konsumen kedua SUV ini.  “Rush, standarnya  hanya untuk lima penumpang atau punya dua deret jok. Sedangkan Terios bisa dikatakan SUV  keluarga  dirancang bisa memuat 7-penumpang,” jelas Anton Jimmy Suwandi, Communication Manajer  PT TAM. Inilah yang membedakannya!

Dari penampilan Rush memang dibuat lebih keren! Maklum harganya lebih mahal dari saudaranya Terios. Untuk semua tipe, Rush dilengkapi dengan roof rail, sedangkan Terios hanya model TX (lebih mahal). Ban yang digunakan juga lebih lebar, yaitu 235/60R/16, sedangkan Terios 215/6516R. Dari sini saja sudah terdapat perbedaan karakteristik.

Tambahan lain pada Rush, adanya Parking Sensor  dan untuk tipe S malah ditambahkan lagi dengan Corner Sensor (bisa dimati-hidupkan melalui tombol).

“Rush untuk keluarga muda urban yang suka petualangan. Karena itu pula jumlah penumpangnya dibatasi.  Sisa dibagian belakang digunakan untuk bagasi ,” lanjut Anton  Sedangkan Terios merupakan SUV keluarga, ruang belakang dihuni jok baris ketiga. Kalau penumpang penuh, tentu saja tempat baru jadi sangat terbatas. Malah, agar penumpang gampang masuk ke jok barisan ketika, prosesn melipat jok di baris kedua dijadikan sales point bagi Terios dalam penampilan barunya.

Interior Kendati demikian, menurut Anton, untuk mengubah  Rush sebagai SUV 7-penumpang bisa saja. “Tinggal tambahkan jok belakang.Ketika lebaran banyak melakukannya,” jelasnya.

Itulah  perbedaan mendasarkan  interior. Lainnya, konsol boks tengah audio, door trim sama. Perubahan yang dilakukan pun sama. Misal mengganti unit power steering dari hidraulik dengan listrik (motor dipasang di kolom atau batang setir).

Dari pengamatan KOMPAS.com, seperti hidraulik, power steering elektrik hanya berfungsi ketika mesin hidup. Bila mesin mati, namun kunci kontak ON, tidak berfungsi.

Rush, seluruh tipe, baik G maupun S, manual atau otomatik, dilengkapi dengan tombol audio di setir. Sedangkan Terios fitur ini hanya ada pada TX.   

Suspensi, seperti yang dilakukan oleh Daihatsu, perubahan dilakukan terhadap   per koil dan peredam kejut, baik untuk depan maupun belakang. Khusus belakang, lengan suspensi posisi sedikit mengalami perubahan. Klaim kedua, agar makin nyaman dan stabil.

Harga antara Rush  tipe G dan S yang cukup besar. Pasalnya, tipe S dilengkapi dengan ABS, kantung pengaman (airbag) buat pengemudi dan penumpang depan, spoiler belakang dengan lampu rem LED.

Perbedaan harga Toyota Rush dan Daihatsu Terios sesuai tipe

Rush Terios
Tipe Rp Rp Tipe
G MT 191.700.000 155.400.000 TS MT
G AT 201.700.000 169.000.000 TS AT
S MT 200.800.000 183.700.000 TX MT
S AT 214.800.000 194.000.000 TX AT
 Catatan: MT: transmisi manual, AT: transmisi otomatik


Editor : Zulkifli BJ