Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Menit Bermesraan dengan Honda New Mega Pro

Kompas.com - 10/08/2010, 08:37 WIB

SENTUL, KOMPAS.com – Selain memperkenalkan New Mega Pro, PT Astra Honda Motor (AHM), juga memberi kesempatan kepada wartawan untuk langsung mencobanya. Sayang, untuk mengetahui kehebatan sepedamotor ini, harus dilakukan di Sirkuit Gokart Sentul. Alhasil, banyak hal yang belum bisa diungkap. Di samping waktu yang diberikan untuk “bermesraan” dengan Mega Pro juga singkat!

Untuk mengenjot Mega Pro pada lintasan 1,2 kilometer tersebut, AHM, menyediakan delapan unit terdiri dari enam tipe cast wheel (pelek palang) dan dua jari-jari. Kesempatan hanya diberikan untuk mencoba Mega Pro pelek palang.

Sambil menunggu giliran, KOMPAS.com mengamat sirkuit sempit ini yang dihiasi dengan banyak tikungan tajam. Sirkuit ini memang tempat diselenggarakannya balap kelas underbone sampai lingkup regional ASEAN setiap tahunnya.

Setelah menunggu 10 menit, giliran KOMPAS.com mencoba kehebatan Mega Pro. Ketika diduduk dengan sepedamotor berdiri pada standar tengahnya, ketinggian sepedamotor t ideal untuk tubuh 175 cm. Posisi pengendara memegang stang terasa lebih nyaman alias ergonomis. Sebelum mencoba, seluruh pengendara diharus mengenakan jaket, sarung tangan dan helm.

Mesin Dengan sedikit dorongan, standar tengah bebas! Sepedamotor ini terasa enteng saat digandeng . Setelah kunci kontak diputar, tachometer langsung menyala. Mesin mudah dihidupkan dengan sekali menendang tuas kick starter. Setelah itu, mesin yang di beri label “Extra Responsive Performance”, 150cc, 4 tak dan SOHC, langsung menyapa pengendaranya. Suara dari knalpotnya ringan. Getaran mesin halus dan tak lagi mengoyang kaca spion.

Hanya tiga kali putaran merasakan kemesraan bersama Mega Pro baru ini. Singkat sekali! Ya, belum puas! Pada lap pertama, digunakan untuk mengenal lintasan, dipandu instruktur Honda Safety Riding.

Lap kedua, grip gas diputar lebih dalam untuk mengetahui tingkat gairah mesin Mega Pro ini. Lumayan agresif! Tarikan pada putaran bawah mantap, pengendalian baik. Stabilitas saat bermanuver di tikungan pada kecepatan 30-40 km/jam - meski sesekali harus miring sampai 45 derajat - termasuk oke!

Sayang, kemampuan digenjot habis bisa. Lintas lurus hanya sekitar 100-an meter. Hanya bisa buat ngebut 75 km/jam.

Suspensi Untuk suspensi, New Mega Pro menggunakan monoshock atau peredam kejut tunggal di belakang. Postur sepedamotor menjadi lebih tinggi. Kekuatan shock absober mantap untuk satu pengendara dengan bobot 110 kg.

Shock absorber ini mempunyai dua pegas, atas dan bawah yang bisa disetel (keras atau lembut) sesuai kebutuhan pengendara dan boncengan. Seluruh sesi tes tuntas dalam 5 menit.

Kesimpulan singkat, New Mega Pro menawarkan sepedamotor dengan kemampuan mumpuni baik dalam kota atau turing. Harga di bawah versi lama, membuat pengemar sepedamotor sport penasaran. Utamanya, bagi mereka yang menginginkan keseimbangan antara kenyamanan bergaya turing dengan ketangguhan street fighter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com