Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Pertamina Fastron Enduro Sejauh 5.300 km

Kompas.com - 07/08/2010, 19:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rombongan yang menguji pelumas Pertamina, Fastron Enduro, mengakhiri perjalanan 22 hari setelah melintas 21 kota, di halaman Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan hari ini (7/8). Jarak tempuh perjalanan yang mereka lakukan mencapai 5.300 km, melintasi Sumatera, Jawa dan Bali.

Rombongan terdiri dari 10 mobil dan 10 sepedamotor dari berbagai merek dan disebut Pertamina Fastron Enduro Touring for Nation (PFETN). Menurut Andria Nusa, Pjs Wakil Presiden Pelumas Pertamina mengatakan, Pertamina sengaja memilih berbagai jenis mobil dan sepedamotor untuk membuktikan produknya bisa digunakan pada berbagai merek dan jenis kendaraan.

Dijelaskan, selama perjalanan tak terjadi gangguan teknis. Padahal, rombongan harus berbagai macam medan dan cuaca. Di samping Fastron Enduro, kesempatan ini juga dimanfaatkan membuktikan kualitas Pertamax buat mesin bensin dan Pertamina Dex untuk mesin diesel.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah menanam 12.500 pohon dan membagikan 5.000 unit helm SNI ke masyarakat. "Kami ingin menyebarkan virus safety riding ke masyarakat," lanjut Andria.

Event ini juga dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (Muri), yaitu turing menggunakan mobil dan sepedamotor dengan merek terbanyak di Indonesia. Merek kendaraan yang ikut dalam PFETN ini adalah Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan Frontier, Honda CR-V, Toyota Camry, Toyota Yaris, Honda Civic, Honda Freed, Nissan Serena dan Grand Livina.

Untuk sepedamotor, yaitu Honda Vario CBS, Yamaha Mio, Suzuki Skywave, Honda CS-1, Yamaha Jupiter MX, Honda Tiger, Yamaha Vixion, Suzuki Thunder, Bajaj Pulsar dan Kawasaki Ninja 250.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com