Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Luncurkan Crossover Juke 15 RX di Jepang

Kompas.com - 09/06/2010, 15:19 WIB

YOKOHAMA, KOMPAS.com- Nissan meluncurkan crossover kompak terbarunya , All-New Juke 15 RX di Jepang hari ini. Kendaraan ini nantinya akan dipasarkan secara global. Berarti kemungkinan masuk ke Indonesia besar!

Di Jepang, Juke 15 RX, sesuai dengan kapasitas mesin yang digunakan 1,5 liter, dibandrol dengan harga cukup menarik. Paling murah ¥1.690.500 (Rp172 juta) dan termahal 1.790.250 (Rp182 juta). Selain harga, unsur menarik lain dari mobil ini – selain penampilan - adalah konsumsi bahan bakar. Nissan mengklaim, pemanfaatan bahan bakar 19 km/liter! Di lain sisi, pembeli Juke juga akan mendapatkan potongan pajak dari Pemerintah Jepang.

Injektor Ganda Konsum bahan bakar yang irit, emisi yang rendah dan tentu saja penampilan Juke yang berbeda dibandingkan SUV atau crossover yang sudah ada selama ini, akan sangat menarik. Konsumsi bahan bakar yang irit diperoleh berkat mesin HR15DE menggunakan teknologi terbaru Nissan, yaitu injektor ganda (twin injection). Hasilnya pengabutan bisa dibuat lebih dekat ke silinder dan hasilnya jauh lebih baik. Kemampuan mesin menghasilkan tenaga juga sangat mumpuni, 84 kW (114PS) @6.000 rpm.

Sebagai kendaraan serbaguna, Juke mampu beradaptasi dengan mudah begitu beralih dari jalan tol ke jalanan kota yang kian macet. Pasalnya, torsi mesin diset 150 Nm yang diperoleh pada 4.000 rpm. Teknologi lain adalah Variable Valve Timing atau Nissan menyebutnya CVTC.

Nantinya (musim gugur) juga akan dipasarkan versi Juke dengan mesin 1,6 liter (MR16 DDT) yang dilengkapi dengan turbocharger. Kemampuannya sama dengan mesin konvensional 2,5 liter.

Untuk transmisi, Nissan menyatukan transmisi otomatik X-tronic plus suspensi yang sangat nyaman. Nissan mengklaim, kemampuan Juke akselerasi sangat mantap, mulus, stabilitas oke dan asyik diajak ngebut.

Interior Dilengkapi dengan “Intelligent Control Display” yang mampu menayangkan berbagai fungsi informasi. Pengemudi Juke dapat mengoperasikan panel kontrol dengan mudah untuk memilih tiga model operasi yang diinginkan: Normal, Sport dan Evo-Drive.

Ciri khas mobil ini adalah handel pintu belakang yang “tersembunyi” atau dipasang pada pilar pintu belakang. Alhasil, SUV yang serba bulat ini memiliki penampilan dari luar mirip dengan sport kupe 2 pintu.

Menggunakan lampu depan berukuran besar dan bulat. Lampu kombinasi belakang juga menghadirkan sosok mobil sport khas Nissan, Z, berbentuk mirip dengan bentuk bumerang. Penpilan menarik adalah fender yang berukuran besar dan bulat, membuat SUV kompak tampak kokoh dan macho.

Tambahan lain dari Juke adalah ban P215/55R17 yang disertai dengan ABS dan EBD. Nissan menargetkan bisa menjual 1.300 unit/bulan. Nah, kalau Anda kesengsem banget, beli langsung ke Jepang!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com