Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai-Kia Yakin Mengalahkan Harga Mobil Hidrogen Toyota

Kompas.com - 07/06/2010, 09:30 WIB

SEOUL, KOMPAS.com-Rencana Toyota memproduksi dan memasarkan mobil hidrogen atau sel bahan bakar pada 2015 dengan harga US $50.000 mendapat tantangan berat dari produsen mobil Korea Selatan. Pasalnya, dua produsen Korea yang bersatu, Hyundai-Kia yakin bisa menjual mobil hidrogen dengan harga di bawah US $50.000.

Hyundai-Kia, dua minggu lalu mengumumkan progres pengembangan dan target peluncuran mobil sel bahan bakar ke publik yang diperkirakan dilakukan pada 2012. Produsen mobil Korea ini saat itu berencana sudah bisa memasarkan 10.000 kendaraan sel bahan bakar pada 2015.

Terakhir, menurut Autocar, Inggris yang mengutip Byung Ki Ahn, General Manager Hyundai-Kia untuk Sel Bahanbakar, menjelaskan, produsen mobil Korea Selatan itu sejak 2004 telah berhasil mengurangi biaya material sel bahan bakar sampai 90 persen.

Tekanan Atmosfir Lebih lanjut dijelaskan, susunan sel bahan bakar yang dibuat Hyundai-Kia bekerja tekanan atmosfer di sekitarnya. “Dengan ini, kami tidak memerlukan kompresor udara. Penggunaan platina jadi berkurang. Harganya jadi lebih murah,” beber Ahn.

Belum dijelaskan, apakah mobil itu nantinya menggunakan merek Hyundai atau Kia. Hanya dijelaskan pula, sudah ada kesepatakan antara produsen mobil sepert dengan legislator di Eropa, Amerika Utara dan Jepang untuk membuat kendaraan sel bahan bakar yang dirpduksi secara massal pada 2015. Selain menambahkan kapasitas produksi hidrogen, juga memperbanyak insftrastruktur tempat pengisian hidrogen.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Ahn, ”Produksi 1.000 kendaraan sel bahan bakar akan dimulai dalam dua tahun ini. Mobil pertama kami tidak dijual (kemungkinan disewakan). Target akhir kami, memproduksi mobil hidrogen secara komersial, yaitu 10.000 pada pada 2015.”

Kia, sebelumnya telah memperkenalkan SUV Borrego sel bahan bakar dan Hyundai denganTucson pada pada 2008. Kemampuan kendaraan tersebut, satu kali isi hidrogen bisa untuk menempuh jarak 600 km atau dua kali lebih jauh dari versi sebelumnya, Sportage FCEV. Umur pakainya diperkirakan 10 tahun atua tiga kali lebih lama.

Kendaraan sel bahan bakar terbaru Hyunda-Kia ini menggunakan susunan sel bahan bakar yang menghasilkan tenaga 115 kW plus 100 kW tenaga listrik dari superkapasitor. Sedangkan tangki hidrogen bekerja pada tekanan 700 bar.

Hyundai belum menyebutkan target harga mobil hidrogen tersebut. Namun Byung Ki Anh percaya peluang besar memproduksi kendaraan hidrogen akan lebih mudah pada dekade mendatang. Ia pun memastikan harga kendaraan hidrogen yang dibuat oleh Hyundai-Kia di bawah US $50.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com