Tata Nano Pertama Diserahkan ke Konsumen - Kompas.com

Tata Nano Pertama Diserahkan ke Konsumen

Kompas.com - 21/07/2009, 10:47 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com — Ashok Raghunath Vichare (59) menjadi orang paling beruntung di India. Ia penerima pertama mobil termurah di dunia, Nano bikinan Tata Motors, melalui undian lotre yang dilakukan pihak pabrikan. Untuk mendapatkan mobil itu, Ashok harus bersaing dengan 155.021 calon konsumen di India.

Jumlah sebanyak itu terkumpul sejak city car seharga Rp 23,8 juta (100.000 rupees atau 2.050 dollar AS) itu diluncurkan Maret lalu. Dengan penyerahan itu, berarti dimulailah era mobil murah di pasar otomotif dunia, khususnya India.

Seremoni dilakukan sendiri oleh Bos TM Ratan Tata dengan menyerahkan satu unit Tata Nano LX berwarna silver. Dengan mesin dua silinder, 4 percepatan bertransmisi manual, mobil ini mampu melesat dengan kecepatan tertinggi 105 km/jam.

“Saya sangat gembira, sulit mengungkapkan betapa bahagianya saya,” ujar Shaila, istri Ashok Raghunath Vichare seperti dikutip kantor berita Associated Press, akhir pekan lalu.

Pihak resmi TM mengaku akan memenuhi 100.000 unit selanjutnya pada akhir 2010. Pemesan untuk sisa 55.021 unit lainnya harus lebih bersabar karena baru akan dikirim setahun kemudian (2011).

Semula, realisasi pabrik perakitan Nano berkapasitas 250.000 unit per tahun sempat terhambat karena kasus sengketa tanah dengan petani lokal di Bengal Timur, Gujarat (India). Namun, saat ini proses pembangunan terus berlangsung dan utilisasi akan dimulai 2010.

Untuk sementara, TM hanya bisa mengandalkan pabrik perakitan di Pantnagar dengan kapasitas 50.000 unit per tahun. Nah, siapkah produsen mobil nasional bersaing saat Nano masuk ke Indonesia? Bersiap-siaplah.

Editor
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM