Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Touran, MPV Keluarga Jerman Seharga Rp 395 Juta Diluncurkan

Kompas.com - 28/05/2009, 18:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — MPV atau mutipurpose vehicle Volkswagen pertama yang dirakit di Indonesia diluncurkan hari ini oleh ATPM-nya, PT Garuda Mataram Motor (GMM). Peluncuran dilakukan  di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta. Harga yang ditawarkan untuk MPV 7 penumpang ini, Rp 395 juta (on the road). Harga yang cukup mahal dan bikin kaget kebanyakan konsumen MPV Indonesia.

Peluncuran dihadiri pimpinan PT Indomobil, Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika (IATT) Dr Budi Darmadi, Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) M Lufti, dan perwakilan VW, baik dari Jerman maupun Asia (China).

Family Sport. CEO PT GMM Andrew Nasuri mengategorikan MPV ini sebagai sport family vehicle. “Alasannya, kalau orang masih bujangan beli Porsche 911, setelah punya keluarga beli Touran,” ungkapnya. Dia menambahkan, kemampuan Touran ini dikebut habis di Autobahn Jerman di atas 200 km/jam. Meski begitu, GMM mengklaim, Touran yang dirakit di Indonesia bisa mencapai kecepatan maksimal 198 km/jam.

Dijelaskan, GMM menargetkan bisa menjual 150 unit dalam 6 bulan. Sejauh ini, semua komponen yang digunakan masih diimpor dalam bentuk complete knock down (CKD). Saat ini, Touran dirakit di perakitan PT National Motor, Pulo Gadung, Jakarta, yang sebelumnya digunakan merakit Hino, Suzuki, dan Chery QQ, semuanya berada di bawah naungan Indomobil Group.

Andalan yang ditawarkan VW pada Touran adalah mesin TSI 1,4 liter dengan transmisi DSG atau double clutch. Dengan dilengkapi supercharger dan turbocharger yang bekerja secara seri plus sistem injeksi langsung, mesin Touran ini diset untuk menghasilkan tenaga 140 PS @5.600 rpm. Namun, performa yang sangat menarik adalah torsi maksimum, 220 Nm @1.500 rpm. Performa terakhir sangat cocok untuk kondisi lalu lintas yang macet seperti Jakarta.

Dengan teknologi mesin tersebut, konsumsi bahan bakar MPV termasuk irit. Klaim VW yang sudah melakukan uji coba 50.000 km di Indonesia, 14 km/liter. Kemampuan MPV 7 penumpang ini untuk sprint 0–100 km/jam 9,7 detik.

Fitur canggih yang disertakan pada MPV ini adalah cruise control, climatic AC system, electronic immobilizer, dan anti-theft security system. Adapun untuk keselamatan dan perlindungan buat pengemudi serta penumpang disertakan 6 kantong udara pengaman, electronic stability programme (ESP), antilock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), hydraulic brake assist system (HBA), traction control system (TCS), electronic differential lock (EDL), lampu kabut dan lampu depan dengan teknologi DE.  

Karena lengkap dan performa hebat plus teknologi berkualitas, VW menilai harga yang mereka tawarkan untuk MPV ini pantas!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com