Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Rencana Pindahkan Produksi dari India ke Eropa

Kompas.com - 09/05/2009, 10:45 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Salah satu produk andalan dari Hyundai Motor, yakni i20 akan dipindahkan produksinya dari India ke Eropa. Enggak cuma itu, rencananya ada beberapa model. "Hyundai sedang mempertimbangkan pemindahan produksi i20 ke Eropa karena sekitar 90 persen dari produksinya dikapalkan ke sana," kata juru bicara Jinho Ki, Jumat (8/5).

Jinho menolak mengomentari apakah perselisihan tenaga kerja yang menimpa Hyundai Motor India belakangan akan ditinjau kembali, menyusul pemogokan pada pabrik pembuat mobil di negara bagian selatan Tamil Nadu yang dipicu oleh penangkapan terhadap 750 pengunjuk rasa.

Surat kabar Financial Times menyebutkan tindakan itu merupakan pertama kalinya diambil karena ketidaknyamanan pekerja sejak India membuka akses untuk investor asing pada 1991.

"Karena berbagai masalah tersebut, kami belum dapat menetapkan target dan produksi akan dialihkan ke salah satu dari berbagai fasilitas kami di Eropa," kata Rajiv Mitra dari Hyundai Motor India.

Lebih lanjut Mitra mengatakan bahwa produksi i20 compact saloon kemungkinan dipindahkan dan suatu keputusan akan diambil pada kuartal ini. Perusahaan itu semula merencanakan memproduksi 120.000 unit jenis i20 tahun ini di pabriknya India selatan, di mana 80.000 di antaranya akan diekspor—semua ke Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com