Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kijang Innova Naik Kelas

Kompas.com - 27/04/2009, 12:11 WIB

Kompas.com — Kalau diibaratkan pada kehidupan manusia, Kijang yang telah berusia 30 tahun lebih bukan lagi orang yang baru merintis kariernya. Meski tetap ditugaskan sebagai mobil keluarga, Innova telah bertransformasi sebagai kendaraan keluarga mapan. 

Karena itulah, tidak hanya penampilannya yang makin gaya dan berwibawa. Interior juga mewah dan sangat nyaman waktu ditumpangi. Semua itu berkat material interior yang makin berkualitas. Begitu juga proses pengerjaannya. Inilah yang membedakan Innova dengan pendahulunya, misalnya "Kapsul" atau dengan MPV lainnya.   

Sebagai contoh, MPV lain bisa saja mengklaim bisa memuat 7 sampai 8 penumpang. Namun, rasa lega, atau keleluasaan penumpang dan pengemudi saat duduki di joknya masing-masing, tidak akan bisa menyamai Innova. Pasalnya, dimensi interior benar-benar dimanfaatkan untuk “memanjakan” penumpang dan pengemudi. Ini bisa dilihat dari dimensi Innova yang lebih besar dibandingkan saudara tuanya, Kijang "Kapsul".

Dimensi                   (mm)
Innova
Krista
Selisih
Panjang
4.555
4.535
+ 20
Lebar
1.770
1.710
+ 60
Tinggi
1.745
1.775
-30
Jarak sumbu roda
2.750
2.650
1.00
Lebar pijakan
Depan
1.510
1.445
+ 100
Belakang
1.510
1.410
+95
Ground Clearance
168
175
-7
 
Nyaman & Lega. “Memang Kijang  Innova telah naik kelas. Kijang bukan lagi buat mereka yang pertama kalinya punya mobil. Kijang kini buat keluarga yang telah mapan,” jelas Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto ketika membicarakan tentang Innova dengan Kompas.com. Ditambahkannya, bagi mereka yang ingin Kijang seperti dulu, dengan mesin 1.500 cc, biasa muat 7 penumpang, tiga deret jok dan harga lebih terjangkau, gantinya adalah Avanza.

Kenyamanan diberikan Innova, selain juga diperoleh dari jarak sumbu roda (wheel base) yang lebih panjang. Hasilnya, penumpang bisa duduk dengan nyaman dan leluasa menyelonjorkan kakinya ke depan. Penumpang juga bisa bergerak secara leluasa ketika semua jok berisi muatan penuh. Pasalnya, dimensinya makin melebar ke samping.

Kualitas pengerjaan Innova diperlihatkan saat mobil ini dikebut atau ikut kemacetan lalu lintas kota. Reproduksi suara audio terdengar jernih di seluruh interior. Suara-suara dari luar, baik roda, angin, mesin atau kendaraan lain bisa dicegah masuk ke interior. Interiornya lebih hening!

Bahkan pintu, dengan “bantingan” ringan, sudah bisa menutup dengan sempurna. Semua itu merefleksikan, Innova telah naik kelas atau mempunyai status dengan kemampuan yang makin baik atau “bijak”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com