Yamaha Mio Diselimuti Kayu - Kompas.com

Yamaha Mio Diselimuti Kayu

Kompas.com - 24/12/2008, 15:09 WIB

Luar biasa tampilan Yamaha Mio Sporty 2005 ini. Anda pasti memuji sekaligus menduga kalau seluruh bodi skubek dibalut bahan kayu, termasuk hingga ke velg. Garapannya cukup rapi, bagian lekukan-lekukannya tak ada yang berkerut.

Namun, supaya tidak terkecoh setelah membaca artikel ini, dibocorkan saja bahwa sekujur bodi Mio ini bukan ditempeli bahan kayu, melainkan teknik permainan airbrush.

“Modifikasi seperti ini saya lakukan karena dapat handgrip kayu dari teman di luar negeri. Saya rasa menarik maka seluruh bodi akhirnya dibuat seolah dari kayu,” bocor Johny Lipurnomo, juragan Custom World.

Kalau handgrip yang menempel di skubeknya itu memang asli dari bahan kayu bermerk Propalm, sedangkan cover bodinya, “Saya bekerja sama dengan Jaidun dari JJ Airbrush. Hampir semua bagian di skubek ini sudah kena sentuhan cat. Termasuk setengah cover CVT ikut kena imbas,” bilang pria berkacamata ini.

Sebagai builder berkelas, Johny jaga betul sisi detail agar semua terlihat harmonis. Semisal, dalam pemilihan baut, “Kami pakai monel supaya terlihat logam yang mengilap. Jadi, layaknya paku di kayu,” kekeh Johny.

Bagian yang agak besar di motor disiasati dengan teknik krom. Umpama pada tabung shockbreaker depan, knalpot, standar, dan bagian bawah cover CVT. “Pokoknya benar-benar kita cari harmonisasi antara kayu dan logam,” tambah Johny.

Jika dicermati lagi, Yamaha Mio Sporty layak disebut Mio Soul. “Saya sengaja pakai full bodi Soul supaya agak modern. Selain itu, kan bisa mengecoh orang," pertimbangan Johny; dan ciri kental kalau skubek ini Mio lama ada pada bentuk cover CVT. “Untuk pasang bodi ini di Sporty enggak terlalu susah. Cukup ubah beberapa dudukan cover,” ujar pria berbadan subur ini. (Nurfil)

 

Editor
Close Ads X