Jumat, 31 Oktober 2014

Otomotif


Mobil Bergetar Saat Jalan

Penulis: | Selasa, 29 Juli 2008 | 09:15 WIB
|
Share:
Sumber : - | Author : AUTOBILD/PEKIK

Lagi asyik melesat mobil bergetar. terasanya nggak cuma di tangan, tapi sampai kekaki.

Saat berkendara, kenyamanan terganggu. Mobil mendadak bergetar, tidak cuma saat sedang meluncur. Kala mau start pun, dari tongkat persneling (untuk mobil manual) muncul getaran itu. Begitu juga ketika menginjak pedal rem, kaki seperti dipijat dengan mesin refleksi. Sungguh menyebalkan, malah bisa bikin malu saat sedang bersama kekasih.

Penyebab getaran itu dari berbagai sumber. Tinggal Anda cermati, bagian mana yang paling keras dirasakan tubuh Anda. Barangkali petunjuk di bawah ini bisa membantu Anda.

1. Bergetar setiap mulai jalan
Setiap kali akan jalan, bodi mobil bergetar dan terasa di badan dengan keras. Pemicunya biasanya pada dekrup (clutch cover), tekanannya tidak merata. Saat mobil mulai jalan, saat itulah dekrup dalam posisi menekan pelat kopling. Apalagi sudah pernah diganti dan bukan yang orisinal. Solusinya, ganti satu set.

2.Tongkat persneling bergetar
Ketika mulai jalan dan pedal kopling baru diangkat separuh, tongkat persneling (untuk manual) terasa bergetar lebih keras dari biasanya. Periksa engine mounting, ada kemungkinan rusak (karetnya robek). Gejala ini lebih bisa dirasakan pada mobil berpenggerak roda depan.

3. Bergetar saat direm
Ada dua model getaran. Pertama, kala diinjak pedal rem, di kaki terasa seperti diayun (bergelombang), baik pada kecepatan rendah maupun sedang. Ini menandakan (khusus mobil pakai disc brake), permukaan piringan cakram sudah tidak rata. Bawa ke bengkel dan minta dibubut. Namun kalau sudah tipis, harus diganti.
Kedua, saat mengerem kaki teratas bergetar. Ini berlaku untuk mobil yang sudah menggunakan cakram atau teromol. Pemicunya, ada kotoran pada kanvas rem. Bawa ke bengkel untuk dibersihkan.

4.Getaran dari roda
Penyebabnya adalah ban yang tidak balance dan menimbulkan getaran pada kecepatan tertentu. Biasanya muncul pada kecepatan di atas 50 km per jam. Ternyata, roda baru di balans dan mobil tetap getar, bisa jadi salah satu pelek ada yang penyok. Gejala ini muncul mulai kecepatan sedang. Bisa juga karena tampalan ban, namun bisa dirasakan pada kecepatan rendah. (Sasmita Pribadi)


Editor :