Jumat, 24 Oktober 2014

Otomotif


Beli Chevrolet Seperti Beli Jeans

Penulis: Glori K. Wadrianto | Senin, 14 April 2008 | 09:14 WIB
|
Share:
Sumber : - | Author : Dokumentasi LEFTLANE

Di dalam "Fitting Room", calon pembeli dapat mengamati dengan seksama dari segala arah, bagaimana figurnya saat berada di balik kemudi dalam mobil yang akan dibeli.

Coba perhatikan. Jika kita akan membeli celana jeans misalnya, pasti kurang 'afdol' jika celana tersebut tidak kita coba dulu. Tak heran jika seluruh pusat perbelanjaan yang menjual pakaian, menyediakan "fitting room" pada beberapa sudut. Kabin dengan cermin lebar itu biasa dipakai pelanggan untuk memastikan bahwa pakaian yang akan dibeli cocok untuknya.

Lalu, bagaimana jika kita akan membeli mobil? "Fitting room" macam itu belum dikenal di pasar otomotif. Saat seorang konsumen membeli mobil, dapat dipastikan bahwa ia tak tahu bagaimana "penampakannya" saat berada di balik kemudi. Atau bahkan tak menjadikan itu sebagai pertimbangan.

Nah, sebuah terobosan unik dilakukan Chevrolet berkaitan dengan masalah ini. Harapannya, para calon konsumen dapat sungguh menyadari bahwa mobil yang akan dibelinya "cocok" dengan penampilannya.  

Proyek "fitting room" Chevrolet ini mengambil tempat di selatan kota London, Inggris. Namun, jika terbukti sukses maka "temuan" dalam proyek ini akan dibagikan ke seluruh belahan dunia.

Seorang konsumen akan ditempatkan di balik kemudi, seakan sedang berada di dalam mobil yang ditaksir. Lalu di sekelilingnya ada tiga buah cermin yang merefleksikan posisinya di dalam mobil. Mereka dibekali sebuah remote control, yang dapat memutar pantulan gambar di dalam cermin hingga 360 derajat. Dengan demikian, si pembeli dapat melihat "penampakannya" di dalam mobil dari segala arah.

Banyak pihak menilai ide ini sebagai kesia-siaan, tapi Chevrolet justru melihatnya sebagai suatu hal yang penting. Ya, meski sebenarnya kita toh bisa melihat pantulan tampilan kita di dalam mobil dari kaca-kaca di sisi gedung kan? (LEFTLANE/GLO)


Editor :