Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Canggih, Ford Tetap Utamakan ”Safety”

Kompas.com - 28/01/2013, 14:49 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Berbagai teknologi canggih yang tersemat dalam mobil-mobil Ford untuk berkomunikasi dan memudahkan pengemudi dengan hanya perintah suara, tak lantas 100 persen menjadi andalan. Paling utama dalam mengemudi adalah mempertimbangkan faktor keselamatan, teknologi hanya bersifat memberi bantuan.

Hal ini ditegaskan Managing Director PT Ford Motor Indonesia (FMI) Bagus Susanto dalam peluncuran "Drive-Connect-Win (28/1). Baginya, sebisa mungkin pengemudi menghindari panggilan telepon. ”Dalam strategi global One Ford, ada empat pilar untuk produk kami, Quality, Safe, Green, dan Smart. Meski mobilnya pintar, ramah lingkungan, dan berkualitas, pengemudi tetap harus mempertimbangkan keamanan,” ujarnya.

Seperti pada All-New Ford Focus, pengemudi menerima atau melakukan panggilan hanya dengan perintah suara karena sudah dilengkapi fitur  SYNC Bluetooth Voice Command .  Fitur koneksi superior yang hampir sama juga diterapkan dalam mobil-mobil Ford lain seperti All-New Ranger dan All-New Fiesta. Semua fitur itu memang bertujuan untuk meningkatkan unsur keselamatan. 

”Sudah kami sosialisasikan dalam program Ford Driving Skills for Llife. Meski menggunakan fitur yang memudahkan, jika topik teleponnya membuat pengemudi emosi, atau mengubah suasana hati, konsentrasi sangat mungkin terpecah,” jelas Bagus.

Itulah sebabnya, pengguna mobil-mobil Ford disarankan tetap mengutamakan faktor keselamatan ini dan harus pandai memilah. Jika dirasa tidak begitu penting, sebisa mungkin menghindari melakukan hal yang merusak konsentrasi.

”Tapi, zaman sekarang orang harus tetap terkoneksi. Meski jauh, tidak harus bertemu, yang penting bisa terhubung. Misalnya soal bisnis atau pekerjaan lain yang mengharuskan seseorang tetap terhubung, dan dibantu ditur canggih seperti dalam mobil Ford,” papar Bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com