Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Buruk Membiarkan Oil Sludge pada Mesin Mobil

Kompas.com - 26/10/2024, 10:42 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Oil sludge atau lumpur pada mesin mobil bisa terjadi karena beberapa faktor, termasuk keterlambatan dalam mengganti oli, dan seringnya pergantian merek oli.

Apabila oil sludge dibiarkan begitu saja, maka dampaknya dapat sangat merugikan dan berpotensi mengakibatkan kerusakan yang fatal.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, membiarkan oil sludge bisa membuat saluran oli tersumbat dan bisa berdampak fatal bagi mesin.

Baca juga: Kencan Singkat dengan Hyundai Santa Fe Hybrid

“Ini bisa fatal karena bagian-bagian komponen yang bergesekan tidak mendapatkan pelumas dan akan bergesekan secara berlebih. Bila kondisi ini terus berlanjut dipastikan mesin akan mogok karena komponen tadi macet,” kata Iwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sludge oli menumpuk pada bagian cylinder head karena telat servis berkalaDicky Aditya Wijaya Sludge oli menumpuk pada bagian cylinder head karena telat servis berkala

Gesekan berlebih bisa menyebabkan keausan, panas, dan kerusakan pada komponen-komponen terkait, sehingga jika dibiarkan akan mengurangi umur pakai mesin dan menyebabkan kegagalan mesin.

“Mesin bisa mengalami overheat, karena komponen yang penting kurang pelumas, dan kemampuan mobil akan menurun, akselerasi melambat bahkan tidak ada tenaga, selain itu BBM bisa jadi boros,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, jika sudah muncul sludge maka lebih baik untuk segera dibersihkan dengan engine flush jika masih baru, dan turun mesin apabila sudah parah.

Baca juga: Kenali Penyebab Munculnya Oil Sludge pada Mesin Mobil


“Kalau baru olinya mengental di flushing pakai obat engine flush bisa. Tapi kalau sudah berbentuk lumpur bahaya jika di engine flush,” kata Iwan.

Oil sludge yang sudah dalam bentuk lumpur atau endapan yang keras jika di engine flush bisa berisiko, dikhawatirkan partikel-partikel akan terlepas dan bisa mengakibatkan penyumbatan saluran oli atau filter, sehingga perlu turun mesin dan dibongkar total.

“Mesin turunkan dan dibongkar total untuk membersihkan lumpurnya, karena ada beberapa bagian komponen mesin yang bisa dibersihkan dengan jalan dibongkar mesin (overhaul),” ujar Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau