Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Pengendara Motor, Begini Cara Bedakan Jalan yang Kena Tumpahan Oli

Kompas.com - 24/10/2024, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalan yang kena tumpahan oli sangat licin. Pengendara sepeda motor yang melewatinya kemungkinan besar akan tergelincir dan jatuh.

Misal seperti pada video yang diunggah akun Romansasopirtruck di Instagram. Kelihatan pada jalan daerah Wonorejo kena tumpahan oli dan perekam sudah mengingatkan buat pelan-pelan.

Motor yang jalannya pelan memang aman, tapi tidak lama ada dua pengendara yang terjatuh. Memang sulit buat jaga keseimbangan motor ketika sudah menginjak jalan yang licin karena oli.

Baca juga: Maxus Mifa 9 Resmi Masuk Indonesia, Jadi Lawan Toyota Alphard

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, sebenarnya bisa saja pengendara melihat mana jalan yang aman dan kena oli.

"Kalau siang masih bisa kelihatan, karena jalan tersebut (kena tumpahan oli) lebih gelap dan berkilau. Tapi akan susah kalau malam," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (24/10/2024).

Baca juga: Faktor Penyebab Rem Motor Cepat Aus

Agus mengingatkan, lebih baik jaga pandangan yang jauh ke depan ketika berkendara. Jadi bisa melihat jalan dan orang lain di depan yang melaluinya.

"Tapi jika sudah terlanjur lewat, kita harus segera menjaga keseimbangan motor dan tidak menggunakan rem secara berlebihan," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau