Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Berkendara Honda Stylo 160 CBS, Ada Plus Minusnya

Kompas.com - 16/10/2024, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah mengulas soal desain dan fitur, kini saatnya menjajal rasa berkendara Honda Stylo 160 CBS. Skutik retro modern yang dijual Rp 28,045 juta per Oktober 2024, terbilang cukup menyenangkan dikendarai.

Utamanya berkat penggunaan mesin 156,9 cc dengan tenaga 15,1 TK dan torsi 13,8 Nm, yang sama basisnya seperti Vario 160.

Buat konsumen yang hanya ingin merasakan performa mesin 160 cc dengan gaya retro khas Stylo, tanpa mementingkan fitur lainnya, tipe CBS jelas menarik karena harga lebih murah.

Baca juga: Mobil Listrik BYD e6 Bekas Taksi Blue Bird Dijual, Cek Harganya

Test ride Honda Stylo 160 CBSKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride Honda Stylo 160 CBS

Saat dipakai pada rute dalam dan luar kota, performa mesin ini terasa cukup mumpuni. Saat melaju di jalan kosong, napas mesin terasa panjang, bahkan topspeed saat dijajal bisa tembus 117 Kpj mengacu pada spidometer.

Karakter mesin ini juga cocok dipakai buat boncengan. Dengan respons gas yang instan, untuk berakselerasi tak perlu tarik gas dalam-dalam.

Minusnya, saat dipakai sendiri untuk merayap di kemacetan, motor terasa mengentak-entak. Seperti minta digeber terus. Namun kalau sudah terbiasa dengan karakternya, Stylo 160 CBS memang asyik dikendarai.

Baca juga: Toyota Prius PHEV Eks Taksi Blue Bird Dijual, Harga Tawar Sendiri

Honda Stylo 160 CBSKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Stylo 160 CBS

Terlebih tidak terasa gejala gredek di area CVT. Penyaluran tenaga juga halus. Paling kekurangan berasal dari suara mesin yang agak kasar, seperti muncul suara ngorok saat digeber.

Dengan bodi yang cukup ringkas, Stylo 160 CBS juga masih nyaman buat pemakaian harian. Saat di kemacetan terasa ringan. Selap-selip di antara mobil pun masih mudah dilakukan.

Sementara itu, posisi duduk pun masih terbilang santai. Buat Test Rider Kompas.com setinggi 163 Cm, kaki masih agak jinjit. Lalu, posisi tangan cukup rileks dengan setang yang agak tinggi, tidak menunduk seperti pada Vario 160.

Tapi getaran di setang masih terasa saat rpm tertentu. Makanya AHM menyematkan balancer alias jalu di ujung setang untuk mengurangi tremor.

Baca juga: Ini Momok Mobil Matik Transmisi CVT

Test ride Honda Stylo 160 CBSKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride Honda Stylo 160 CBS

Berlanjut soal bantingan suspensi, yang terasa kerasa pada penumpang depan atau belakang. Buat penumpang belakang malah cenderung lebih kaku.

Anehnya, suspensi yang keras ini enggak bikin pengendaliannya lebih baik. Saat kecepatan tinggi di atas 50 Kpj, terasa sokbreker malah mengayun mantul-mantul.

Adapun untuk bantingan suspensi depan sebetulnya sudah cukup lembut. Jadi andaikata konsumen pengin lebih nyaman, rasanya cukup sokbreker belakang saja yang diganti.

Baca juga: Ada Kasus CVT Suzuki Burgman Rembes, Ini Tanggapan Suzuki Indonesia

Rem cakram Honda Stylo 160 CBSKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Rem cakram Honda Stylo 160 CBS

Kekurangan berikutnya datang dari sistem pengereman. Lantaran Stylo 160 CBS pakai kaliper single piston di depan dan tromol di belakang, performa rem terasa kurang pakem untuk mengimbangi mesin 160 cc.

Tapi buat konsumen yang karakter berkendaranya santai, masih aman dengan varian rem CBS. Kecuali buat yang gemar pecicilan, lebih baik sekalian ambil yang tipe ABS, karena selisih harganya cuma Rp 2,990 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau