Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz Belum Mau Jualan Hybrid Tanpa Kebiijakan Pemerintah

Kompas.com - 12/10/2024, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai mulai mengubah strateginya dan akan memasarkan mobil hybrid juga dalam waktu dekat. Tapi, tidak dengan Mercedes-Benz, yang masih fokus dengan mobil konvensional dan mobil listrik.

Dalam waktu dekat ini, Hyundai rencananya akan memasarkan Santa Fe Hybrid. Awalnya, pabrikan asal Korea Selatan ini juga hanya fokus pada mobil konvensional dan mobil listrik.

Baca juga: Mercedes-Benz Belum Bisa Tawarkan Mobil Listrik Kepresidenan

Untuk kendaraan elektrifikasi, pemerintah memang hanya memberikan insentif pada mobil listrik saja. Meskipun, banyak juga pabrikan yang berharap diberikannya insentif juga pada mobil hybrid.

Peluncuran Mercedes-Benz GLS 450 facelift dan EQB 250+Kompas.com/Donny Peluncuran Mercedes-Benz GLS 450 facelift dan EQB 250+

Kariyanto Hardjosoemarto, Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, mengatakan, wacana hybrid masih sebatas wacana hingga saat ini.

"Sehingga, pihaknya belum bisa mengambil tindakan apa pun sampai itu benar-benar diundang-undangkan atau dipastikan," ujar Kariyanto, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Harga Mirip, Penjualan Mercedes-Benz EQA Diyakini Tidak Tergerus EQB

"Dari sisi produk, kalau di luar (negeri), product range hybrid kan cukup banyak. Sehingga, memang kalau policy ke depan mendukung, ya tidak menutup kemungkinan. Tapi, kita masih menunggu policy sementara apa yang sudah ada, itu yang kita optimalkan dulu," kata Kariyanto.

Saat ini, Mercedes-Benz Indonesia sudah memasarkan enam model mobil listrik, yakni EQA, EQB, EQE Saloon, EQE SUV, EQS Saloon, dan EQS SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau