Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Proyek LRT Velodrome-Manggarai, Pengendara Bisa Cari Rute Lain

Kompas.com - 03/10/2024, 18:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pengendara yang biasa melewati rute Jalan Pemuda, Jalan Pramuka, sampai Jalan Tambak yang membentang dari Jakarta Timur hingga Jakarta Pusat, harus terbiasa dengan kemacetan yang hampir terjadi setiap hari.

Sebab sedang ada proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B, yang terus diakselerasi agar dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Direktur Teknik dan Pengembangan Jakpro Group, Dian Takdir mengatakan, pihaknya memahami adanya ketidaknyamanan yang dirasakan oleh warga dan pengguna jalan di sepanjang rute Velodrome-Manggarai terkait kemacetan yang terjadi.

Baca juga: Spesifikasi MPV Mewah BYD yang Dijual Rp 650 Jutaan

Perlintasan LRT dari Stasiun Veldrome-Rawamangun, Jakarta Timur, siap diuji coba esok hari, Senin (30/9/2024).Dok: JakPro Perlintasan LRT dari Stasiun Veldrome-Rawamangun, Jakarta Timur, siap diuji coba esok hari, Senin (30/9/2024).

Menurutnya, kondisi ini sulit dihindari, mengingat pembangunan LRT Fase 1B berlangsung di jalan protokol yang menjadi penghubung utama antara kawasan Jakarta Timur – Jakarta Utara dengan Jakarta Pusat – Jakarta Selatan.

“Kami terus berupaya agar meminimalisasi dampak kemacetan dengan berkoordinasi dengan Dishub DKI Jakarta, aparatur kewilayahan setempat, maupun SKPD terkait secara berkala,” ujar Dian, dalam keterangan tertulis, Kamis (3/10/2024).

“Kami berkomitmen, pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ini mengutamakan keselamatan warga sekitar dan pengguna jalan. Karena itu, kami juga mengimbau bagi pengguna jalan untuk mencari alternatif rute lainnya, terutama di waktu sibuk atau rush hour,” kata dia.

Baca juga: Sebanyak 5,5 Juta Kendaraan Telah Daftar QR Code Pertalite

Terkini, progress pembangunan LRT Jakarta Fase 1B memperoleh capaian signifikan sebesar 27,76 persen pada minggu ketiga September 2024.

Sesuai lini masa pembangunan jalur LRT Fase 1B dari Velodrome sampai Rawamangun, pada September 2024, dilakukan uji coba jalur atau track testing.

Sedangkan, proyeksi pengerjaan sampai ke Manggarai hingga waktu beroperasi ditargetkan pada tahun 2026.

Baca juga: Pilihan Makin Beragam, Cek Daftar Harga Mobil Hybrid per Oktober 2024

LRT Jabodebek.DOK. LRT Jabodebek LRT Jabodebek.

Proyek LRT Jakarta Fase 1B dikerjakan dari dua sisi, yakni dari zona Velodrome – Pramuka dan zona Pramuka – Manggarai. Pembangunan jalur LRT Jakarta Fase 1B (Velodrome – Manggarai) bertujuan mendukung Manggarai sebagai stasiun sentral.

Ia menyampaikan, ketidaknyamanan warga dan pengguna jalan sepanjang proyek LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai hanya berlangsung sementara.

Dian juga mengatakan, pembangunan LRT Fase 1B menapaki jarak sejauh 6,4 kilometer dengan rute dari Velodrome - Rawamangun.

Baca juga: Geladi HUT Ke-79 TNI, Polisi Imbau Hindari Ruas Sekitar Monas Hari Ini

Proyek LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai, Jakarta Timur, yang digarap Waskita Karya.Dok. Waskita Karya Proyek LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai, Jakarta Timur, yang digarap Waskita Karya.

Rencananya terdapat lima stasiun yaitu, Stasiun Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

“Ditargetkan dengan terbangunnya fase 1B ini nantinya akan membawa 80.000 penumpang per hari secara bertahap,” ucap Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau