Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hankook Luncurkan Ban Khusus Bus Listrik di Indonesia

Kompas.com - 01/10/2024, 18:51 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendukung transportasi rendah emisi serta peningkatan kualitas udara, Hankook Tire resmi meluncurkan Smart City AU06 yang merupakan ban khusus untuk bus listrik di Indonesia.

Peluncuran produk ini menjadi bentuk dukungan bagi operasional deretan bus listrik yang dioperasikan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin menjelaskan, pihaknya ingin mendukung tujuan emisi rendah karbon melalui elektrifikasi transportasi umum.

"Sebagai salah satu sistem transportasi terbesar di Indonesia dengan 1,3 juta penumpang harian, Operator TransJakarta adalah mitra strategis penting bagi kami. Kerja sama ini merupakan langkah signifikan dalam mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (1/10/2024).

Baca juga: Bus Trans Jatim Luncurkan Koridor V, Rute Terminal Purabaya - Terminal Bangkalan

Distribusi ban AU06 dengan ukuran 275/70/R225 telah dilakukan Hankook sejak awal 2024 melalui PT Paderona Arthajaya, yang merupakan distributor resminya. Diklaim pemakaian berdampak positif dari umur pakai serta efisiensi dibanding menggunakan ban truck & bus radial (TBR) konvensional.

Ban Hankook Smart City AU06Hankook Ban Hankook Smart City AU06

Ahmad Juweni, National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT Hankook Tire Sales Indonesia menjelaskan, bus listrik membutuhkan ban khusus karena torsi yang jauh lebih besar dibandingkan bus konvensional.

Dengan torsi yang tinggi, memerlukan daya cengkeram ban yang sangat kuat untuk menghindari risiko selip, terutama saat membawa beban berat mengingat bus listrik menggunakan baterai penggerak.

"Setelah pemakaian sekitar 6-7 bulan di salah satu operator Transjakarta, perkiraan umur pakai ban Hankook Smart City AU06 mencapai 20 persen sampai 40 persen, lebih panjang dibandingkan ban konvensional," kata Ahmad.

Hal ini, lanjut Ahmadh, berkat desain pola tapak blok rigid dengan area kontak yang lebih lebar, yang membantu mendistribusikan tekanan secara merata sehingga ban lebih tahan terhadap keausan dan deformasi.

Baca juga: Kuota Subsidi Habis, Target Motor Listrik United Mandek

"Selain itu, bus listrik biasanya lebih berat dibandingkan bus biasa, jadi memerlukan ban yang kuat, seperti yang terlihat dari spesifikasi Indeks Beban dan Ply Rating yang lebih tinggi," ujarnya.

Ban Hankook Smart City AU06Hankook Ban Hankook Smart City AU06

Berdasarkan pengujian di Pusat Hankook Korea, ban Smart City AU06 memiliki hambatan gulir 18 persen lebih rendah dibanding ban TBR konvensional Hankook berkat alur berbentuk Z pada sisi kanan dan kiri tapak yang dirancang untuk mengurangi kebisingan saat ban bersentuhan dengan jalan.

Untuk bagian tengah tapak, dilengkapi knurling atau pola-pola kecil yang guna meningkatkan daya cengkeram ban dalam kondisi basah maupun kering.

Selain itu, ban ini juga mampu penghematan energi dibandingkan ban konvensional, berkat teknologi alur “saklar” dan lapisan permukaan dengan desain pola gelombang tiga dimensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau