Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Rayakan Produksi 100 Juta Unit Setelah 57 Tahun

Kompas.com - 30/09/2024, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Company belum lama ini merayakan pencapaiannya setelah 57 tahun berdiri. Pabrikan asal Korea Selatan yang memasarkan mobil Hyundai dan Genesis tersebut berhasil memproduksi 100 juta kendaraan.

Dikutip dari Paultan.org, (30/9/2024), Hyundai resmi memproduksi 100 juta unit kendaraan secara global pada Minggu (29/9/2024). Seremoni untuk merayakan pencapaian ini dilakukan di pabriknya di Ulsan, Korea Selatan.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N Dapat Update Software, Makin Mudah Buat Drifting

Hyundai juga sekaligus merayakan produksi pertama Ioniq 5. Bahkan, unit pertama tersebut dikirimkan langsung ke konsumen.

Produksi Hyundai Ioniq 5 pertama di Korea Selatan langsung diantarkan ke konsumenDok. Hyundai Produksi Hyundai Ioniq 5 pertama di Korea Selatan langsung diantarkan ke konsumen

“Mencapai produksi kumulatif global sebesar 100 juta kendaraan merupakan tonggak sejarah yang berarti dan dapat dicapai berkat pelanggan kami di seluruh dunia yang telah memilih dan mendukung Hyundai Motor sejak awal,” ujar Jaehoon Chang, Presiden dan CEO Hyundai Motor Company.

“Mengambil tantangan yang berani dan terus mengejar inovasi telah memungkinkan kami untuk mencapai pertumbuhan yang cepat dan akan memberdayakan kami untuk mengambil satu langkah lebih jauh menuju 100 juta unit lagi sebagai pengubah permainan mobilitas,” kata Chang.

Baca juga: Bos Toyota Bakal Temui Hyundai, Kerja Sama Mobil Hidrogen?

Pabrik Ulsan mulai beroperasi pada tahun 1968 dan memiliki nilai historis yang signifikan, dengan model independen pertama yang diproduksi secara massal di Korea Selatan, yakni Pony. Mobil tersebut selanjutnya diluncurkan pada tahun 1975.

Pabrik HyundaiKompas.com/Donny Pabrik Hyundai

Sejak saat itu, Hyundai telah memperluas jejak globalnya dengan fasilitas produksi di Turki, India, Amerika Serikat, dan Republik Ceko, termasuk Indonesia, yang semuanya berkontribusi pada pencapaian perusahaan yang telah memproduksi lebih dari 50 juta kendaraan pada tahun 2013.

Pabrik Hyundai di Indonesia resmi didirikan pada 2020. Dioperasikan oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), pabrik ini menjadi pusat manufaktur pertama Hyundai di Asia Tenggara.

Saat ini, kapasitas produksinya baru mencapai 150.000 unit per tahun. Namun, Hyundai mengeklaim bahwa kapasitas maksimumnya bisa mencapai 250.000 unit per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau