Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Rutin Mengganti Oli Mesin Kendaraan

Kompas.com - 30/09/2024, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski penting untuk dilakukan, namun tak sedikit pemilik kendaraan yang masih mengabaikan perawatan berkala. Salah satu soal kewajiban mengganti oli mesin secara rutin.

Seperti diketahui, oli pada mesin memiliki masa pakai yang harus diganti secara berkala. Umumnya, pergantian pelumas dilakukan berdasarkan waktu atau jarak tempuh.

Oli sendiri memiliki peran krusial pada mesin, yang bila diabaikan atau tak diganti secara rutin akan berdampak fatal bagi kesehatan mesin.

Perlu diketahui, peran oli pada mesin tak sekadar hanya menjadi pelumas saja. Menurut Brahma Putra Mahayan, Technical Specialists Pertamina Lubricants, ada beberapa kegunaan pelumas yang jarang diketahui pemilik kendaraan.

Baca juga: 6 Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan

Ilustrasi isi oli mesin pada mobil.kompas.com Ilustrasi isi oli mesin pada mobil.

"Fungsi oli atau pelumas mesin itu beragam. Selain melumasi, juga mendinginkan mesin, melindungi dari korosi, mengantar dan menyalurkan panas mesin, serta membawa partikel dan kontaminan ke filter," ucap Brahma Putra Mahayan, Technical Specialists Pertamina Lubricants, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Karena fungsi-fungsi yang penting tersebut, tak heran pemilik kendaraan wajib mengganti rutin pelumas sesuai rekomendasi yang berikan pabrikan, yakni berdasarkan yang tercapai lebih dulu antara waktu dan jarak.

Menurut Brhama, selain memberikan proteksi komponen di dalam mesin, oli juga punya peran untuk membersihkan lantaran adanya kandungan adiktif seperti detergen.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil, Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh

ENEOS X SeriesIST ENEOS X Series

Adanya adiktif tersebut, membuat oli bisa membawa partikel atau kontaminan ke dalam filter untuk selanjutnya tersaring dan dibersihkan. Karena itu, disarankan pergantian filter mesin juga ikut dilakukan secara berkala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau