Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan

Kompas.com - 30/09/2024, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan aspek keselamatan jalan serta menekan angka kecelakaan lalu lintas dan angkutan umum, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta masyarakat menghindari faktor utama kecelakaan.

Menurut Amirullo, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub mengatakan, ada enam faktor utama kecelakaan lalu lintas, baik untuk sepeda motor, mobil, dan truk. Hal ini disampaikan pada kegiatan Puncak Pekan Keselamatan Jalan 2024.

"Kita harus berupaya untuk menghindari faktor risiko utama kecelakaan, setidaknya ada enam faktor utama di antaranya tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, mengemudi dalam keadaan mabuk, penggunaan truk untuk angkutan orang, serta berkendara dengan melawan arah," kata Amirulloh, dalam keterangan resminya, Minggu (29/9/2024).

Baca juga: Tak Hanya Harga, Biaya Kepemilikan Suzuki Baleno Juga Masih Terjangkau

Tangkapan layar video amatir warga memperlihatkan rombongan mobil mewah melawan arah di Tol Desari, Minggu (10/9/2023).dokumentasi istimewa Tangkapan layar video amatir warga memperlihatkan rombongan mobil mewah melawan arah di Tol Desari, Minggu (10/9/2023).

Berdasarkan data, Amirulloh menyampaikan, angka kecelakaan lalu lintas secara nasional pada 2023 masih tergolong tinggi.

Jumlahnya kecelakaan lalu lintas yang terjadi mencapai 152.000 kejadian. Sedangkan untuk jumlah yang meninggal sebanyak 27.895 korban.

Dari segi kendaraan, motor masih menjadi kontributor utama, di susul angkutan barang besar, angkutan orang, mobil, kendaraan tak bermotor, dan lainnya. Sedangkan yang menjadi korban paling banyak merupakan usia produktif antara 15-49 tahun.

Baca juga: Alasan Wajib Tarik Rem Tangan Saat Mobil Berhenti di Kemacetan

Sebagai upaya menekan fatalitas kecelakaan, Amirulloh juga meminta semua pihak terkait untuk memberikan edukasi mengenai keselamatan jalan.

Sebuah truk kecelakaan lalu lintas di di Jalan KH Sholeh Iskandar pada Kamis (15/8/2024) sekitar pukul 13.00 WIB. KOMPAS.com/ RUBY RACHMADINA Sebuah truk kecelakaan lalu lintas di di Jalan KH Sholeh Iskandar pada Kamis (15/8/2024) sekitar pukul 13.00 WIB.

"Saya mengingatkan baik di pemerintah pusat, daerah, BUMN maupun swasta dapat memberikan edukasi keselamatan jalan dan saya mengajak saudara-saudara sekalian agar menghindari faktor-faktor penyebab utama kecelakan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau