Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Peran dan Cara Kerja Lampu Indikator Oli Mesin pada Mobil

Kompas.com - 28/09/2024, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Lampu indikator oli mesin ada dua, yakni lampu peringatan waktu penggantian dan yang berhubungan dengan kinerja sistem pelumasan secara langsung.

Lampu peringatan ganti oli hanya memperhitungkan jarak tempuh kendaraan, dan bisa diatur sesuai kebutuhan berapa intervalnya. Sementara lampu indikator dengan gambar bejana oli berwarna merah berkaitan dengan sistem pelumasan.

Aji Dwi Nugroho, Foreman Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, lampu tersebut berhubungan dengan besarnya tekanan oli yang mengalir di mesin, perangkat ini terhubung dengan sensor di mesin.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil, Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh

Sensor tekanan oli pada mesin mobil terhubung dengan lampu indikator oliuchanics.ca Sensor tekanan oli pada mesin mobil terhubung dengan lampu indikator oli

“Itu (lampu indikator oli) terhubung dengan sensor tekanan oli di mesin. Jika lampu ini menyala saat mesin berputar, itu artinya tidak ada tekanan oli yang terbaca oleh sensor, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan,” ucap Aji kepada Kompas.com, Jumat (27/9/2024).

Ada beberapa penyebab kenapa lampu indikator oli menyala, menurut Aji, yakni bisa saja ada saluran oli yang pampat, volume oli kurang, rangkaian listrik atau sensornya bermasalah.

“Selama kelistrikan mobil dan sensor normal, maka ketika mesin berputar dengan lampu indikator menyala, maka ada kemungkinan oli yang bersirkulasi tidak sesuai, maka hal yang pertama perlu dilakukan adalah mematikan mesin,” ucap Aji.

Baca juga: Jangan Asal Pilih Oli Mesin untuk Mobil Hybrid


Dengan mesin mati, menurut Aji, tidak akan ada komponen yang rusak karena tak mendapatkan pelumasan dengan baik. Setelah itu konsumen bisa memeriksa volume oli dan menambahnya bila kurang.

“Normalnya, ketika kunci kontak on lampu indikator menyala, menandakan dia berfungsi dan membaca tak ada sirkulasi oli karena mesin belum berputar, begitu mesin berputar, pompa kerja, indikator akan mati, itu menandakan sensor sudah membaca ada tekanan oli di mesin,” ucap Aji.

Sehingga, menurut Aji, ketika tekanan oli mesin berkurang atau ada sumbatan, lampu indikator akan menyala redup atau terang. Semakin terang lampu, semakin mendekati tidak ada pelumasan di mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau