Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Fitur Hill Start Assist pada Mobil Matik dan Manual

Kompas.com - 23/09/2024, 13:21 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Fitur Hill Start Assist (HSA) kini menjadi teknologi standar pada banyak mobil modern untuk membantu pengemudi saat berhenti di tanjakan.

HSA berfungsi menahan rem secara otomatis ketika mobil berhenti di jalan menanjak, mencegah mobil bergerak mundur hingga pengemudi menginjak pedal gas.

Teknologi ini biasanya dapat menahan kendaraan selama beberapa detik, memberikan waktu bagi pengemudi untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas. Namun, cara kerja HSA berbeda pada mobil bertransmisi otomatis (matik) dan manual.

Baca juga: Alasan Kenapa Tarif Tol Dalam Kota Naik

Menurut Lung Lung, Pemilik Dokter Mobil, meskipun prinsip kerja HSA sama, ada perbedaan signifikan dalam pengoperasiannya pada mobil matik dan manual.

"Pada mobil matik, HSA bekerja lebih halus karena kendaraan tetap diam tanpa perlu pengemudi menekan pedal rem. Sementara itu, pada mobil manual, pengemudi harus lebih waspada karena penggunaan kopling sangat penting untuk menjaga stabilitas kendaraan saat melaju dari posisi berhenti," jelas Lung Lung kepada Kompas.com, Senin (23/9/2024).

Fitur Hill Start Assist pada mobil.kompas.com Fitur Hill Start Assist pada mobil.

Ia menambahkan bahwa pada mobil matik, transisi dari rem ke gas lebih mudah karena tidak melibatkan kopling, sedangkan pada mobil manual, pengemudi perlu lebih lincah dalam mengatur pedal gas dan kopling agar tidak terjadi selip.

Baca juga: Alasan Kenapa Tarif Tol Dalam Kota Naik

"Pengemudi yang belum terbiasa mungkin akan mengalami mobil mundur sedikit sebelum HSA aktif sepenuhnya. Namun, pada mobil matik, fitur ini beroperasi lebih otomatis, membuat transisinya terasa lebih lancar," kata Lung Lung.

Fitur HSA selain meningkatkan kenyamanan saat berkendara di tanjakan, juga membantu mengurangi risiko kecelakaan akibat kendaraan mundur.

Pengemudi dapat lebih fokus pada pengendalian mobil dan situasi sekitar, terutama dalam kondisi lalu lintas yang padat atau saat berkendara di area perbukitan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau