Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Fitur Canggih BMW 520i M Sport

Kompas.com - 12/09/2024, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membahas tampilan eksterior dan interior dari BMW 520i M Sport, kini saatnya tim redaksi mengulas soal fitur canggih yang ada pada sedan bisnis andalan BMW ini.

BMW 520i M Sport sudah dibekali dengan beragam teknologi yang diperuntukkan untuk kemudahan bagi penggunanya saat berkendara.

Mobil ini dibekali dengan layar Curved Display yang terdiri dari panel instrumen 12,3 inci dan head unit 14,9 inci yang sudah menggunakan BMW Operating System 8.5, persis seperti yang disematkan pada versi listriknya yakni BMW i5.

Baca juga: Bahas Interior dan Kenyamanan BMW 520i M Sport

Untuk head unitnya sudah terintegrasi dengan Apple Carplay dan Android i-Auto nirkabel.

Berlanjut ke konsol tengah, BMW 520i sudah dilengkapi dengan iDrive Controller serta BMW Live Cockpit Professional yang mencakup BMW Head-Up Display dan Augmented View pada Control Display atau cluster instrument.

Ada juga wireless charging yang memudahkan pengemudi ketika ingin mengisi daya gawai.

BMW 520i M Sport juga sudah mendapat Digital Key yang sudah tersedia untuk smartphone yang sesuai dengan sistem operasi iOS atau Android serta untuk Apple Watch.

BMW 520i M SportKompas.com/Nanda BMW 520i M Sport

Salah satu teknologi canggih yang disematkan pada BMW 520i M Sport adalah Active Cruise Control. Dengan fitur ini mobil bisa melaju dengan kecepatan stabil, tanpa harus menginjak pedal gas secara terus menerus.

Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, tim redaksi lebih dulu memacu kendaraan pada kecepatan yang diinginkan, misal pada 50 Km per jam.

Selanjutnya tekan tombol mode, kemudian tekan tombol SET untuk mengunci kecepatan konstan sesuai keinginan. Setelah itu, fitur adaptive cruise control sudah benar-benar bekerja.

Mobil akan berjalan maksimal dengan kecepatan yang sudah ditentukan, jika mobil di depan melakukan pengereman, maka laju mobil juga akan ikut melambat.

Fitur lain yang disematkan adalah Parking Assistant. Sesuai namanya, fitur ini memudahkan pengemudi saat memarkir kendaraan.

Caranya, cukup memindahkan transmisi ke R atau mundur atau dengan menekan tombol parking assist di konsol tengah.

BMW 520i M SportKompas.com/Nanda BMW 520i M Sport

Selanjutnya, pilih tempat yang diinginkan. Kemudian, tinggal mengikuti petunjuk layar kendali untuk menjalankan prosedur parkir.

Dengan begitu pengemudi tidak perlu lagi mengatur setir atau melakukan prosedur secara manual.

Tak hanya itu, BMW 520i M sport juga sudah dibekali Driving Assistant, fitur ini juga mencakup Steering and Lane Control Assistant, Emergency Stop Assistant dan Lane Keeping Assistant dengan perlindungan tabrakan dari samping secara aktif.

Sedan mewah asal Jerman ini turut mendapat fitur auto hold yang sangat berguna terutama dalam kondisi stop and go.

Baca juga: Jangan Asal Ganti Pelek Hanya Melihat Desain dan Ukuran, Bahaya!

Soal fitur keselamatan, BMW 520i ini sudah dibekali airbags untuk pengendara dan penumpang di depan, perlindungan benturan samping, sistem pengereman ABS, Parking Assistant Professional, dan Driving Assistant Professional.

Secara keseluruhan, fitur dan teknologi canggih yang disematkan pada mobil seharga Rp 1,3 miliar ini cukup mumpuni untuk menunjang kenyamanan dan keamanan bagi pengemudi dan penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau