Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pindahkan Tuas Transmisi Matik ke P Sebelum Mobil Berhenti

Kompas.com - 12/09/2024, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.comParkir mobil dengan transmisi matik membutuhkan perhatian khusus untuk menghindari kerusakan pada kendaraan dan juga memastikan keselamatan dan keamanan kendaraan.

Salah satu aspek krusial dalam parkir mobil matik ini adalah pemahaman yang benar tentang bagaimana memindahkan tuas transmisi ke posisi (P) dengan aman dan benar.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, memindahkan tuas matik ke P sebelum mobil berhenti total memang membuat rusak transmisi.

Baca juga: Spesifikasi Truk Listrik Volvo FM Electric, Tenaga Tembus 666 TK

Ilustrasi mobil terparkir.THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi mobil terparkir.

“Betul, karena gigi P pada matik ada pawl, untuk memasukkan mobil harus benar-benar berhenti. Kalau masih bergerak pawl bisa jebol,” kata Iwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dia juga mengatakan, sebelum memindahkan transmisi ke P aktifkan rem tangan terlebih dahulu, hal ini berguna untuk memastikan roda mobil benar-benar berhenti.

Iwan menjelaskan, ketika tuas transmisi matik di P maka parking pawl atau roda gigi parkir akan mengunci output shaft matik, sehingga roda tidak bisa berputar.

Baca juga: Gerai Ini Wadahi Tren Modifikasi Audio di Batam

Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).

Saat ini kebanyakan mobil modern sudah dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan, dirancang untuk mencegah pengemudi meninggalkan mobil dalam posisi tidak aman.

“Pabrikan sendiri sudah memberikan pengaman, ketika posisi transmisi mobil matik tidak di P, kunci mobil tidak bisa dicabut. Jika yang sudah menggunakan smart keyless entry, posisi kunci tidak bisa ke posisi off atau hanya berhenti di ACC,” kata Iwan.

Dengan memahami dan mengikuti prosedur yang benar dalam saat parkir mobil matik, transmisi akan tetap terjaga dan kendaraan akan terhindar dari kerusakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau