Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Truk Listrik Volvo FM Electric, Tenaga Tembus 666 TK

Kompas.com - 11/09/2024, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indotruck Utama dan PT Eka Dharma Jaya Sakti selaku diler Volvo Trucks di Indonesia resmi memperkenalkan truk listrik FM Electric.

Kalau secara global, FM Electric tersedia dalam berbagai pilihan kapasitas baterai, motor listrik, sampai tenaganya. Misal buat baterai, mulai 90 kWh sampai 540 kWh, tersedia dua motor listrik dan tiga motor listrik, serta tenaga mulai 450 TK sampai 666 TK.

Bambang Prijono, Direktur Utama PT Indotruck Utama dan PT Eka Dharma Jaya Sakti mengatakan, buat di Indonesia, saat ini baru satu spesifikasi saja.

Baca juga: Ganti Ban Mobil, Baiknya Satuan atau Sekaligus?

Truk listrik Volvo FM Electric resmi meluncur di IndonesiaKOMPAS.com/FATHAN Truk listrik Volvo FM Electric resmi meluncur di Indonesia

"Sementara ini kita hanya satu spesifikasi, pakai battery size 450 kWh. Untuk jarak tempuh bisa sekitar 300 Km, dengan GCW 44 ton," kata Bambang di acara peluncuran, Rabu (11/9/2024).

Lebih detail, model bodi yang tersedia adalah tractor head, jadi bisa untuk membawa trailer. Buat motor listrik, memakai model yang tiga motor, tenaganya tembus 666 Tk.

Baca juga: Soal Fenomena Truk Oleng, Aptrindo Sebut Sulit Dikontrol


Buat baterainya yang 450 kWh, terdiri dari lima battery pack. Lama pengecasannya mulai 2,5 jam dari 0 persen sampai penuh kalau pakai DC Charging 250 kW.

Kabarnya truk tersebut baru dikirim ke konsumen mulai 2025. Buat harganya, Bambang belum bisa memberi tahu karena masih dalam perhitungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau