Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Insentif Hybrid, Periklindo Lebih Dukung Mobil Hidrogen

Kompas.com - 05/09/2024, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) menolak secara tegas jika ada wacana pemberian instentif untuk mobil hybrid.

Asosiasi yang terdiri dari semua pihak dalam industri kendaraan listrik mulai dari produsen mobil sampai baterai itu menyebut, mobil hybrid tetap menyumbang emisi karena masih memakai bahan bakar minyak.

Baca juga: Penyebab Pedal Kopling Mobil Manual Keras Saat Diinjak

Kendati demikian, Periklindo tak hanya mendukung mobil listrik. Asosiasi yang berdiri sejak 2021 itu juga mendukung sistem penggerak lain asal ramah lingkungan. 

Periklindo Electric Vehicle (EV) Conference 2024 akan berlangsung pada 12-13 September 2024 di Bali.Foto: Sera Periklindo Electric Vehicle (EV) Conference 2024 akan berlangsung pada 12-13 September 2024 di Bali.

Sekretaris Jenderal Periklindo, Tenggono Chuandra Phoa, mengatakan teknologi hidrogen merupakan salah satu teknologi ramah lingkungan.

"Untuk hidrogen (fuel cell) green energy kalau sudah ada oke. Cuma menurut informasi harganya tidak murah dibandingkan dengan baterai (mobil listrik)," ujar Tenggono di Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Tenggono menilai, karena teknologi hidrogen saat ini belum terjangkau maka lebih baik mendukung yang sudah ada, salah satunya mobil listrik termasuk mendukung teknologi baterainya. 

Baca juga: Motor Pakai Lampu Strobo Melanggar Hak Pengendara Lain

"Indonesia sudah ada beberapa pabrik baterai yang sudah diresmikan, dukung industri baterai. Karena kita punya bahan baku yang cukup banyak semua ada di Indonesia," ujarnya.

Bus listrik baru buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) akan digunakan armada transportasi wisata Kota SemarangDicky Aditya Wijaya Bus listrik baru buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) akan digunakan armada transportasi wisata Kota Semarang

Keniscayaan ini didasari oleh pasar mobil listrik di Indonesia terus meningkat. Penjualan mobil listrik 2024 diyakini bisa tembus 30.000 unit atau naik hampir dua kali lipat dari tahun 2023.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), periode Januari-Juni 2024 mobil listrik berhasil terjual 11.940 unit. Naik 104,13 persen dibanding periode sama pada 2023 yaitu 5.849 unit.

Kendati demikian, meski target tahun ini tercapai penjualan mobil listrik baru masih jauh dari target pemerintah yang sebesar 50.000 unit hingga akhir tahun nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau