Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Cuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring?

Kompas.com - 29/08/2024, 16:54 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci mobil di rumah kadang menggunakan sabun yang ada saja. Salah satu yang sering diandalkan adalah sabun cuci piring.

Seharusnya dengan kemampuan sabun cuci piring membersihkan lemak dan sebagainya, aman saja kalau diaplikasikan ke mobil. Cuma seberapa aman sabun cuci piring dipakai untuk cuci mobil?

Verdi, pemilik bengkel poles Dinasti Polish di Jagakarsa, Jakarta mengatakan, cuci mobil pakai sabun cuci piring yang food grade itu aman. Analoginya kalau buat piring yang dipakai manusia saja aman, maka buat bodi mobil juga.

Baca juga: Ini Kebiasaan Buruk Saat Cuci Mobil yang Bisa Bikin ECU Rusak

Ilustrasi mencuci mobil, usaha cuci kendaraan. SHUTTERSTOCK/NEJRON PHOTO Ilustrasi mencuci mobil, usaha cuci kendaraan.

"Dia aman karena food grade. Buat manusia aman, ditumpahkan ke piring, dibilas saja sudah bersih, tidak meninggalkan jejak. Tapi pemakaian jangan berlebihan, asa berbusa (cukup)," kata Verdi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Namun ada pendapat yang berbeda dari Christopher Sebastian, CEO Kabuki Auto Shop. Mengatakan kalau sabun cuci piring tidak dianjurkan untuk mobil.

"Karena piring dan cat mobil punya karakteristik yang berbeda dan memerlukan cara pembersihan yang berbeda juga. Mencuci pakai cuci piring meningkatkan risiko pengikisan pada pernis cat mobil, jadi bisa kusam dan korosi," kata Christopher kepada Kompas.com.

Baca juga: Dharma Polimetal Luncurkan Motor 3 Roda, Ada yang Bertenaga Listrik


Menurutnya zat kimia yang ada di sabun bisa juga merusak lapisan coating kalau sudah diberi lapisan tersebut. Jadi kalau memang darurat, bisa menggunakan sabun lain yang lebih aman.

"Bisa dengan sabun atau sampo bayi. Artinya harus menggunakan sabun yang paling ringan atau sedikit zat kimianya," kata Christopher.

Jadi bisa pilih sabun yang mau digunakan kalau dalam kondisi darurat, antara sabun cuci piring atau sabun bayi. Namun risiko harus dipersiapkan, mengingat sabunnya bukan sesuai peruntukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau