Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik ke Wilayah Pesisir, Sebaiknya Langsung Cuci Mobil Menyeluruh

Kompas.com - 17/04/2024, 09:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan mobil pasca-mudik Lebaran merupakan satu langkah wajib yang sebaiknya dilakukan oleh para pemilik, untuk mencegah terjadinya kendala lanjut di kemudian hari.

Satu hal yang harus diperhatikan, langkah perawatan mobil ternyata bisa berbeda tergantung wilayah pulang kampung saat mudik, seperti misalnya lokasi pesisir dan dekat dengan laut.

Pemudik yang menghabiskan waktu liburan atau bertamasya di area pesisir sangat dianjurkan untuk melakukan deep cleaning, alias cuci mobil menyeluruh di semua bagian.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 Sukses Dijalankan Korlantas Polri

Pemeriksaan kondisi kaki-kaki dan rem mobil di bengkel resmiKOMPAS.com/daafa Pemeriksaan kondisi kaki-kaki dan rem mobil di bengkel resmi

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani, menjelaskan, langkah ini bertujuan untuk mencegah timbulna keropos akibat karat, yang bisa dipicu oleh garam dan angin laut.

“Garam itu korosif dan dia bisa menempel di komponen-komponen berbahan logam. Efeknya enggak langsung karatan, tapi lama kelamaan karat bisa timbul kalau (mobil) enggak dibersihkan,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/4/2024).

Menurut Juni, risiko terjadinya karat memang tergolong minim, tapi tidak ada salahnya melakukan perawatan berupa cuci menyeluruh untuk mencegah munculnya kendala.

Baca juga: Daftar Harga LCGC Bekas Usai Lebaran, Ayla mulai Rp 59 Jutaan

Ilustrasi mencuci mobil dapat membakar kalori untuk menurunkan berat badan. SHUTTERSTOCK/OLGA ALPER Ilustrasi mencuci mobil dapat membakar kalori untuk menurunkan berat badan.

“Yang sering karatan itu biasanya komponen baut-baut mobil, jadinya aus. Ini bikin repot kalau harus servis” ucap dia.

Juni mengklaim jika kendala semacam ini bisa dengan mudah dihindari lewat cuci mobil menyeluruh di semua bagian. Jauh lebih baik lagi jika pemilik menggunakan produk pendukung seperti antikarat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com