Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Fronx Ada Varian AWD, Masuk ke Indonesia?

Kompas.com - 24/08/2024, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Fronx beberapa kali terlihat sedang tes jalan di Indonesia. Untuk negara tertentu, ternyata SUV ini adalah pilihan sistem penggerak semua roda alias All Wheel Drive (AWD).

Dikutip dari Autocarindia.com, Sabtu (24/8/2024), Maruti Suzuki juga melakukan ekspor Fronx ke Jepang. Spesifikasi mesinnya sama, tetap mengandalkan mesin 1.5 L dengan teknologi mild hybrid.

Baca juga: Suzuki Mulai Tes Jalan Fronx di Indonesia?

Namun, yang berbeda adalah sistem penggeraknya. Untuk negara lain, Fronx dibekali dengan sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD), termasuk India.

Suzuki Fronx untuk pasar JepangDok. Autocarindia.com Suzuki Fronx untuk pasar Jepang

Tapi, untuk Fronx yang diekspor ke Jepang, Suzuki membekalinya dengan sistem penggerak AllGrip Select AWD. Disebutkan bahwa sistem penggerak ini tersedia untuk varian Fronx tertinggi.

Sistem ini menawarkan kontrol pengemudi dengan empat mode “off-road” yang dapat dipilih, yakni Auto, Sport, Snow dan Lock. Sistem ini dikontrol secara elektronik melalui tombol pada konsol tengah.

Baca juga: Toyota Luncurkan Starlet Cross, Kembaran Suzuki Fronx

Mode Sport dan Snow memodulasi pengaturan throttle dan mengirimkan tenaga ke roda belakang sesuai kebutuhan, tergantung pada kondisi jalan dan masukan dari pengemudi. Pengaturan suspensi pada Fronx AWD juga berbeda, dengan pengaturan rear torsion beam mendapatkan layout yang unik untuk mengakomodasi sistem AWD.

Suzuki Fronx untuk pasar JepangDok. Autocarindia.com Suzuki Fronx untuk pasar Jepang

Masih ada beberapa perbedaan lainnya untuk Fronx di Jepang. Pertama, skema interiornya sedikit berbeda dari versi Fronx lainnya. Tema coklat tua dan plum dengan penggunaan bahan soft touch pada bantalan pintu dan area lainnya.

Mobil ini juga memiliki sentuhan akhir piano black pada gagang pintu, setir dan konsol tengah. Terlebih lagi, joknya menggunakan perpaduan kulit imitasi dan fabric dengan skema warna plum dan sandaran dua warna. Kombinasi ini memberikan tampilan yang lebih premium pada kabin.

Mobil yang diduga Suzuki Fronx tertangkap kamera sedang tes jalan di Cikaranginstagram.com/@zakyazzami Mobil yang diduga Suzuki Fronx tertangkap kamera sedang tes jalan di Cikarang

Mobil ini juga mendapatkan lebih banyak fitur. Beberapa di antaranya adalah paket Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) dengan bantuan Lane Keeping Assist (LKA) dan Automatic Emergency Braking (AEB), rem parkir elektronik dengan Auto Hold, Automatic Cruise Control, Heated Seats, dan beberapa fitur unik lainnya.

Belum diketahui Fronx yang akan dipasarkan di Indonesia nanti seperti apa spesifikasinya. Namun, jika ada varian tertinggi seperti untuk pasar Jepang, maka mobil ini bisa jadi pilihan menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau