Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkembangan Tren Modifikasi HMC Memasuki Satu Dekade

Kompas.com - 19/08/2024, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

MAKASSAR, KOMPAS.com - Honda Modif Contest (HMC) menjadi kompetisi modifikasi sepeda motor Honda yang bisa dibilang cukup konsisten. Pasalnya, ajang ini telah dilaksanakan selama satu dekade.

Dalam perjalanannya, HMC selalu melahirkan karya modifikasi baru dari para builder lokal di Tanah Air. Bahkan belakangan ini, tren karya-karya yang dihasilkan juga sudah mengalami kemajuan cukup pesat.

Haris Fatcurohman, builder sekaligus penggerak Manasi Ride Surabaya yang juga menjadi salah satu juri HMC 2024 mengatakan, dari tahun ke tahun gelaran HMC memiliki tren sendiri. Untuk tahun ini, dari segi perkembangan sangat menarik.

Baca juga: Daftar Pemenang Honda Modif Contest Makassar 2024

Modifikasi Honda di HMC 2024 MakassarAHM Modifikasi Honda di HMC 2024 Makassar

"Tren modifikasi HMC untuk tahun ini bukan lagi modifikasi yang sekadar plug n play saja, tapi sudah bermain di ranah custom. Ini yang membuat pembeda, di mana meski kompetisi HMC hanya satu merek saja, tapi imajinasi yang dituangkan bisa berkembang dari para modifikatornya," kata Haris di Makassar, Sabtu (17/8/2024).

Dengan perkembangan yang pesat para pelaku modifikasi di HMC saat ini, Haris menjelaskan, sangat terasa kemajuannya dibanding dari gelaran serupa tiga sampai lima tahun sebelumnya.

Saat ini, lanjut Haris, bisa dibilang tren modifikasi dari peserta HMC lebih ke arah Gen Z, di mana dari segi selera modifikasi, permainan detail, sampai komposisi warna yang di aplikasi berbeda dari tahun-tahun lalu.

Baca juga: Modifikasi Toyota Fortuner Bergaya Sleeper Thailook

Pemenang Honda Modif Contest (HMC) Makassar 2024Dok. Aditya Niagara Pemenang Honda Modif Contest (HMC) Makassar 2024

Kondisi ini bisa dilihat menjadi sebuah peluang untuk PT Astra Honda Motor (AHM) selaku penyelenggara HMC, nantinya berkembang ke jenjang yang lebih tinggi, yakni berkompetisi di kelas internasional.

"Kalau kita lihat HMC cakupannya nasional, tapi kami punya Honda Dream Ride Project (HDRP) yang secara karya tidak kalah dengan modifikasi di luar negeri. Tentunya, ke depan mungkin HMC bisa berkembang ke internasional, sehingga builder kita bisa mengadu karya dan kemampuannya mewakili Indonesia," ujar Haris.

Agus Ficdiyanto, juri sekaligus pemenang HMC sebelumnya dari Alpha Sierra Custom menjelaskan, proses perkembangan modifikasi, khususnya pada ajang HMC sangat baik.

Baca juga: Bukan Racing, Ini Arti Kode R pada Busi

Kebanyakan modifikatornya tak lagi mengandalkan konsep yang matang, tapi juga penyelarasan karya sampai ke penyempurnaan detail.

Modifikasi Honda Supra Fit HMC Makassar 2024AHM Modifikasi Honda Supra Fit HMC Makassar 2024

"Kalau diperhatikan sekarang ini bukan sekadar bermain di konsep saja, sudah di atasnya. Konsep sudah bisa dituangkan, lalu dikembangkan lagi dari segi detail-detailnya. Jadi perkembangan tren dari modifikator dalam ajang HMC ini juga sangat baik," kata Agus.

Sementara itu, Andhika Sabmarin, Brand Activation Manager AHM menjelaskan, perjalanan HMC sampai memasuki satu dekade telah banyak memberikan perkembangan, baik dari sajian modifikasi sampai jumlah peserta yang mengikut.

Baca juga: Makassar Jadi Seri Pembuka Honda Modif Contest 2024

Para juri HMC 2024Dok. Aditya Niagara Para juri HMC 2024

"Perjalanan selama 10 tahun dari 2004 sampai 2024 ini, banyak sekali pembelajaran yang kita dapat, terutama dari peserta. Kota-kota yang kita gelar juga bertambah, termasuk untuk peserta di masing-masing wilayah per tahun itu rata-rata sekitar 150-an. Intinya kita ingin terus berkembang," ujar Andhika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau