Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

L100 EV dan eCanter Jadi Kendaraan Logistik Listrik Pertama di Kawasan IKN

Kompas.com - 22/08/2024, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berpartisipasi pada peresmian PT Pos Indonesia (PosIND) ke dua yang berlokasi di Kawasan Hunian ASN, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Momen peresmian gerai kedua juga menjadi ajang PosIND mengenalkan dua model kendaraan listrik yang rencananya bakal digunakan sebagai operasional harian, yakni L100EV dan Fuso eCanter.

Hany Sartana, Executive Vice President Regional 6 PT Pos Indonesia (Persero) mengatakan, Kehadiran kedua kendaraan ini merupakan langkah konkret dalam mendukung pengembangan layanan publik yang modern dan berkelanjutan di Ibu Kota baru.

Menurut Hany, Nusantara Logistics hub di IKN diharapkan bisa menjadi ekosistem transportasi ideal, baik dari manufaktur serta sarana dan fasilitas pendukung lainnya.

Baca juga: Honda Masih Studi Skema Penjualan Mobil LIstrik e:N1

"Lebih lanjut, kami memiliki rencana memanfaatkan Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter di berbagai kegiatan operasi PT Pos Indonesia, khususnya di IKN. Partisipasi Mitsubishi dalam kegiatan ini juga mencerminkan dukungan penuh perusahaan terhadap program-program lingkungan yang sedang dicanangkan di Ibu Kota baru ini," kata Hany, berdasarkan keterangan resmi KTB, Rabu (21/8/2024).

Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter digunakan kendaraan operasional PosIND di IKNKTB Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter digunakan kendaraan operasional PosIND di IKN

Seperti diketahui, kerja sama yang dilakukan Mitsubishi dan PT Pos Indonesia bukan yang pertama kali. Kolaborasi keduanya sudah dimulai pada 2024 melalui aktivitas uji coba atau Proof of Concept (PoC) L100EV dan eCanter yang memperkuat hubungan dan kepercayaan dalam industri bisnis logistik.

Melalui PoC, keduanya melakukan studi bersama L100EV selama 11 bulan. Kegiatan ini juga menujukkan bahwa mobil listrik niaga ringan Mitsubishi tersebut, mampu memenuhi kebutuhan operasional logistik harian dengan baik.

Baca juga: Jangan Sepelekan Tetesan Oli Transmisi Mobil Matik di Lantai Garasi!


Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI mengatakan, sebagai bagian dari visi untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan, pihaknya berkomitmen menyediakan solusi mobilitas yang ramah lingkungan, terutama di kawasan penting seperti IKN.

"Kami bangga dapat berkontribusi dalam mendukung PosIND dengan menggunakan Mitsubishi L100 EV, yang dirancang khusus memenuhi kebutuhan logistik modern yang efisien dan berkelanjutan," ucap Kurita.

Sementara itu, Daisuke Okamoto, Prsiden Director PT KTB menjelaskan, kontribusi eCanter tak hanya jadi bukti nyata bahwa truk listrik ini adalah solusi masa depan untuk berbagai sektor industri, tapi juga mampu menghadapi tantangan operasional di berbagai medan jalan di seluruh Indonesia.

Baca juga: Lihat Langsung Fuso VAR Car, Dipakai Saat Laga Persib

Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter digunakan kendaraan operasional PosIND di IKNKTB Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter digunakan kendaraan operasional PosIND di IKN

"Kami mengucapkan selamat atas peresmian Nusantara Logistics hub ini. Kami merasa terhormat dapat berkontribusi dalam mendukung transformasi transportasi logistik yang ramah lingkungan dengan menghadirkan eCanter sebagai bagian dari armada PosIND di IKN," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau