Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sederhana Berkendara Mobil Listrik buat Pemula

Kompas.com - 20/08/2024, 07:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini pilihan produk kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) di pasar dalam negeri makin banyak, baik dari pabrikan China hingga Eropa.

Tiap produk tersebut pun menawarkan berbagai keunggulan berbeda-beda, mulai dari sektor desain, fitur, sampai teknologi canggih. Namun terlepas itu semua, ada hal yang lebih penting bagi para pengemudi pemula sebelum berkendara mobil listrik.

Hal tersebut, dikatakan Brand PR & Digital Senior Manager PT Neta Auto Indonesia Frietz Roboth, karena karakteristik mobil listrik cukup berbeda daripada mobil konvensional.

Baca juga: Diskon Hatchback Agustus 2024, Suzuki Baleno Tembus Rp 32 Juta

Test drive Neta XFoto: KOMPAS.com/Carolus Dori Test drive Neta X

"Pertama, pengemudi bisa memastikan baterai kendaraan terisi penuh sebelum melakukan perjalanan. Pastikan, untuk mengisi dayanya hingga penuh atau minimal 80 persen," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (19/8/2024).

Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kehabisan daya, saat cuaca atau kondisi jalanan tak sesuai yang diinginkan.

Kedua, pemilik mobil listrik bisa memeriksa tekanan udara dalam ban secara rutin, dan pastikan juga ban memiliki daya cengkeram yang baik.

Baca juga: Ini Perbedaan Fitur Pengereman ABS dan CBS pada Sepeda Motor

Terkhusus ketika musim hujan, pastikan permukaan ban masih ideal untuk mencegah tergelincir di jalan yang licin.

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah menggunakan mode berkendara yang sesuai. Saat ini, mobil listrik umumnya sudah dibekali dengan beberapa mode berkendara, ada yang berupa mode Normal, Eco, Sport, atau lainnya.

"Misal saja, pada mobil listrik terbaru Neta X yang baru saja diperkenalkan. Mobil SUV ini sudah dibekali dengan mode berkendara Comfort yang dapat mengurangi kecepatan akselerasi dan meningkatkan stabilitas kendaraan," ujar Frietz.

Baca juga: Insentif Mobil Listrik, Transisi atau Krisis buat Industri Otomotif?

Neta resmi meluncurkan Neta X di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Foto: KOMPAS.com/Maria Rarindra Neta resmi meluncurkan Neta X di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Terakhir, pemilik kendaraan perlu mengetahui fitur-fitur canggih yang berada di mobil listriknya.

Contohnya paling umum, ialah Smart Driving dengan fungsi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Biasanya, fitur ini meliputi Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB).

Lalu Front Vehicle Start Alert (FSA), Full-Speed Adaptive Cruise (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), High Beam Assist (HBA), dan masih banyak lagi.

"Fitur tersebut dirancang untuk membantu pengemudi berkendara lebih aman di berbagai kondisi jalan dan cuaca," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau