Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Kabin Mobil Kembali Sejuk Setelah Parkir pada Terik Matahari

Kompas.com - 20/08/2024, 08:02 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki mobil yang diparkir di bawah terik matahari sering kali memberikan sensasi tidak nyaman, seolah-olah berada dalam oven panas.

Suhu kabin mobil bisa meningkat drastis, dan begitu pintu dibuka, gelombang panas menyambut siapa pun yang masuk. Namun, ada cara sederhana dan efektif untuk mendinginkan kabin mobil dengan cepat.

Menurut Gunawan, pemilik bengkel AC Premium 99, ada trik yang dapat dilakukan agar kabin mobil kembali sejuk dalam waktu singkat.

Baca juga: Diskon Mobil Listrik Agustus 2024, Wuling BinguoEV Tembus Rp 75 Juta

"Agar cepat dingin, set blower AC di kecepatan tertinggi dan atur suhu pada tingkat maksimal. Selain itu, buka jendela sebentar untuk membuang udara panas dari dalam kabin," ungkap Gunawan kepada Kompas.com, Senin (19/8/2024).

Cara ini, lanjut Gunawan, dapat membantu mempercepat proses pendinginan karena udara panas yang terperangkap di dalam kabin dapat segera keluar, digantikan oleh udara dingin yang dihasilkan oleh AC.

Ilustrasi AC mobil.Suzuki Ilustrasi AC mobil.

"Udara panas yang ada di kabin bisa cepat keluar, dan sirkulasi udara segar bisa lebih lancar. Setelah itu baru blowernya diturunkan lagi, tapi kalau untuk mobil kekinian biasanya sudah otomatis turun," tambahnya.

Gunawan juga menekankan agar setiap pemilik mobil menjaga dan merawat sistem AC mobil dalam kondisi prima agar dapat berfungsi optimal saat diperlukan dengan melakukan perawatan rutin.

Baca juga: Diskon LSUV Agustus 2024, Toyota Rush Tembus Rp 31 Juta

"AC mobil harus diperiksa secara rutin dan dibersihkan agar performanya tetap maksimal. Dengan perawatan yang baik, AC mobil akan mendinginkan kabin dengan cepat, dan bekerja lebih efisien, mengurangi beban kerja mesin dan tentunya menghemat bahan bakar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau