Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Baru di Malaysia, Motor di Atas 150 cc Wajib ABS

Kompas.com - 12/08/2024, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Kementerian Transportasi Malaysia memutuskan mulai 1 Januari 2025 sepeda motor baru dengan kubikasi di atas 150 cc yang dijual di Malaysia harus dilengkapi ABS.

Keputusan tersebut diambil setelah pemerintah Malaysia melakukan studi selama dua tahun mengenai dampak penggunaan ABS pada motor dengan jumlah kematian terkait kecelakaan yang melibatkan motor.

Baca juga: Harga Sedan Bekas Agustus 2024, Honda City mulai Rp 43 Jutaan

New Honda CBR250RR hadir dengan berbagai peningkatan yang membuatnya lebih nyaman dikendarai buat penikmat kecepatan.KOMPAS.com/Gilang New Honda CBR250RR hadir dengan berbagai peningkatan yang membuatnya lebih nyaman dikendarai buat penikmat kecepatan.

Ketua Institut Penelitian Keselamatan Jalan Malaysia (MIROS), Dr Wong Shaw Voon, mengatakan sistem rem Anti-lock Braking System (ABS) dapat menurunkan 30 persen kecelakaan motor.

“ABS dapat mengurangi kecelakaan dan kematian sepeda motor hingga 30 persen. Hal ini membantu mencegah terjadinya penyaradan sehingga pengendara tidak kehilangan kendali atas sepeda motornya,” katanya dilansir dari Paultan, Senin (12/8/2024).

Keputusan motor dengan kubikasi di atas 150 cc mesti pakai ABS di Malaysia tersebut merupakan hal baru. Sebelumnya hanya motor kapasitas 250 cc ke atas yang mesti menggunakan ABS.

Baca juga: Chery Omoda 5 Raih Bintang Lima Tes Tabrak ASEAN NCAP

Ilustrasi booth Benelli dan Keeway di IIMS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi booth Benelli dan Keeway di IIMS 2024

Pada dasarnya, motor 250 cc ke atas memang banyak yang dibekali ABS sebagai piranti standar. Sehingga pemerintah Malaysia kemudian menurunkan standarnya jadi motor 150 cc ke atas.

Hal ini menyusul laporan tahun 2022 di mana menteri transportasi sebelumnya, Datuk Seri Wee Ka Siong mengatakan ABS pada motor akan diwajibkan di Malaysia setelah studi oleh MIROS.

Di Eropa, ABS untuk motor di atas 125 cc diwajibkan pada 2016, sedangkan untuk motor bermesin lebih kecil dan skuter wajib memiliki ABS atau Combined Braking System (CBS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau