Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Porsche RWB Garapan Akira Nakai, Jadi Investasi Mahal Demi Karya Seni Unik

Kompas.com - 11/08/2024, 07:27 WIB
Adityo Wisnu Prabowo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.comRauh Welt Begriff adalah rumah modifikasi mobil yang berasal dari Jepang dan dikenal dengan ciri khasnya yang merubah sebuah mobil Porsche seperti seri 964,993,997, dan lainnya dengan fender lebar dan wing besar.

Kehadiran RWB di Tanah Air telah memicu antusiasme para penggemar modifikasi mobil, terbukti dengan ramainya pengunjung yang menyaksikan proses modifikasinya ditangani oleh Akira Nakai selaku pendiri RWB langsung.

Mobil RWB ke-10 di Indonesia Sedang di Modifikasi Akira Nakai Mobil RWB ke-10 di Indonesia Sedang di Modifikasi Akira Nakai

Rauh Welt Begriff, yang dalam bahasa Jerman berarti "mengubah sebuah mobil ke arah yang lebih liar dan sangar", adalah sebuah gaya modifikasi mobil yang dicetuskan oleh tuner mobil asal Jepang, Akira Nakai.

Gaya modifikasi ini dikenal dengan ciri khasnya yang sangat personal dan tidak mengikuti tren mainstream. Mobil-mobil modifikasi RWB umumnya memiliki tampilan yang lebar, agresif, dan sangat mencolok.

Modifikasi garapan Nakai-san sendiri terbilang kontroversial di kalangan pecinta purist mobil Porsche, tapi untuk William Tsubaki Widjaja selaku pemilik dua mobil garapan RWB menganggap hasil tangan Nakai-san sebagai karya seni.

"Bagi saya itu, Nakai-san dedikasi di RWB itu tinggi, dan saat Nakai-san nanti sudah pensiun, RWB akan tutup selamanya. Bisa dibilang investasi tapi saya lebih pikirnya beli mobil ini sebagai artwork ya," ujar William.

Mobil RWB ke-10 di Indonesia Sedang di Modifikasi Akira Nakai Mobil RWB ke-10 di Indonesia Sedang di Modifikasi Akira Nakai

Kompas.com juga bertanya perihal biaya yang harus dikeluarkan dan lama antrian kepada William.

"Kalau untuk biaya, basic tanpa opsi apa-apa, hanya body kit saja sudah termasuk biaya Nakai-san datang ke negara pemesan sekaligus pengerjaan mobil itu start dari 31.000 dollar AS."

Untuk diketahui 31.000 dollar AS setara dengan Rp 494.446.900 jika dikonversi dengan kurs Rp 15.949. Sedangkan untuk lama antrian juga harus bersabar walaupun dana yang dibutuhkan tersedia.

"Biasa antriannya 1-2 tahun, cuman karena kemarin berhubung ada COVID-19 jadi mungkin agar mundur semua, dan untuk mobil Porsche 993 hitam yang sedang dikerjakan ini pemesanannya sudah dari 2018," kata William.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau