Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Mengaku Dapat 833 SPK di GIIAS 2024

Kompas.com - 03/08/2024, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), sebagai Agen Pemegang Merek (APM) dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia, menjadi salah satu merek otomotif yang mengikuti ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Pabrikan asal Jepang itu menorehkan angka Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 833 unit.

“Walaupun pasar otomotif nasional mengalami tantangan di awal tahun ini, kehadiran GIIAS telah memberikan angin segar dan harapan baru. Kami percaya bahwa perekonomian nasional, khususnya di sektor otomotif, akan terus berkembang,” ucap Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia, dalam keterangan resmi, Jumat (2/8/2024).

Baca juga: Cara Cegah Tabrakan Beruntun di Jalan Tol

Lebih rinci, model yang menjadi penyumbang penjualan terbesar di GIIAS 2024 adalah Mazda CX-5 yang menyumbang penjualan sebesar 28.5 persen atau 237 unit. Diikuti oleh Mazda CX-3 sebanyak 223 unit atau sebesar 26,8 persen.

Booth Mazda di GIIAS 2024Mazda Indonesia Booth Mazda di GIIAS 2024

Mazda 3 hatchback juga menjadi salah satu model yang paling diminati dengan total penjualan 134 unit atau menyumbang 16,1 persen. Dilanjutkan dengan model CX-60 sebanyak 106 unit atau sebesar 12,7 persen. Angka tersebut di luar ekspektasi dari Mazda, sebab, sebelumnya perseroan hanya mematok target menjual CX-60 di GIIAS 2024.

Menutup lima besar CX-30 yang terjual sebanyak 46 unit atau sekitar 5,5 persen dari total penjualan di ajang pameran otomotif nasional itu.

Baca juga: Alasan Mobil Listrik Pakai Tekanan Udara Ban yang Lebih Besar

Sebagai informasi, GIIAS 2024 telah diselenggarakan pada tanggal 18 - 28 Juli 2024 di ICE BSD City. Pada pameran tersebut, Mazda juga turut memperkenalkan edisi terbaru dari SUV Mazda CX-60, yaitu Mazda CX-60 Pro (2.5L AWD), dengan harga Rp799 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau