Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sistem Hiburan di Bus AKAP, Bisa Streaming Youtube

Kompas.com - 02/08/2024, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus antar kota dan antar provinsi (AKAP) sekarang sudah makin memanjakan penumpang. Selain kendaraan makin bagus, fasilitas hiburan di kabin pun turut berkembang mengikuti zaman.

Kalau diingat, dahulu bus mengandalkan TV di bagian depan dan tengah kabin. Selama perjalanan, pengemudi bus yang mengatur ingin menayangkan apa, mau putar lagu, video, atau karaoke.

Kemudian, bus dengan fasilitas yang mewah biasa menyediakan layar Audio Video On Demand (AVOD) di masing-masing bangku. Penumpang kini bisa menikmati video atau lagu yang sudah disimpan atau memakai USB sendiri.

Baca juga: Bocoran Calon Bus Baru PO Bintang Utara, Pakai Sasis Tronton

Sistem hiburan IPTV di bus Juragan 99 TransJURAGAN 99 TRANS Sistem hiburan IPTV di bus Juragan 99 Trans

Seiring berkembangnya teknologi, sekarang sistem AVOD di bus makin canggih dan punya banyak fitur. Misal, seperti yang ada di unit bus AKAP PO Juragan 99 Trans, sekarang bisa streaming Youtube sampai berbagai layanan lain.

Layanan tersebut menggunakan Internet Protocol Television atau IPTV. Sistemnya akan terdapat pada bus sleeper dan pariwisata Juragan 99 Trans, ada di setiap bangku, bisa dinikmati semua penumpang.

Keunggulan fasilitas tersebut adalah adanya layanan interaktif. Misal ada welcome greetings, pengumuman, sampai informasi perjalanan yang lengkap.

Baca juga: Bus Baru PO Juragan 99 Trans Raih Penghargaan Muri

Sistem hiburan IPTV di bus Juragan 99 TransJURAGAN 99 TRANS Sistem hiburan IPTV di bus Juragan 99 Trans

Founder Juragan 99 Trans Gilang W Permana mengatakan, PO bus miliknya tidak akan berhenti memberi inovasi yang terbaik untuk pelanggannya.

"Kami berkomitmen terus jadi pionir dalam berinovasi dan menyediakan nilai yang sepadan dengan uang yang dikeluarkan penumpang. Kami akan selalu mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan kepuasan pelanggan," ucap Gilang dalam siaran resmi, Kamis (1/8/2024).

Selain ada sisem hiburan yang interaktif, sekarang penumpang juga bisa mengakses ke berbagai layanan Over The Top (OTT) seperti Netflix, Disney Plus, Youtube, dan sebagainya.

Penumpang tinggal log in dengan akun miliknya dan menikmati hiburan yang personal selama perjalanan. Jangan khawatir, setelah perjalanan ada sistem auto log out account, otomatis keluar.

"Sebelumnya fitur IPTV banyak digunakan di hotel. Kami bangga mengatakan Juragan 99 Trans jadi PO pertama dalam menghadirkan IPTV di bus. Kami ingin menghadirkan standar baru dalam layanan dan kenyamanan," kata Gilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau